14 Peluang Usaha Rumah Paling Diminati Modal Kecil Trend 2022

16 Juli 2022, 14:19 WIB Last Updated 2022-07-16T07:30:23Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


Bekasi//sinyalbeksi.com - Memulai ide usaha rumahan bisa menjadi alternatif yang menguntungkan bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tanpa harus kerja kantoran. Atau, Anda juga bisa mencoba bisnis di rumah untuk mendapatkan passive income, yang saat ini bisa dibilang merupakan rencana keuangan wajib.


Ada banyak keuntungan membangun bisnis rumahan. Dengan membangun usaha rumahan, Anda bisa memiliki waktu yang lebih fleksibel. Tidak sedikit orang-orang yang menjadi pelaku bisnis rumahan bisa sukses meraup keuntungan yang besar.


Sudah banyak bukti yang bisa kita lihat sekarang ini, dimana usaha rumahan menjadi usaha yang sangat menghasilkan bagi pemiliknya.


Para pengusaha sukses tersebut mampu keluar dari masalah finansial dan mampu mencapai kesuksesan yang mereka inginkan.


Berikut ini beberapa ide bisnis rumahan untuk pemula yang bisa kamu coba dengan modal minim.


1. Berjualan Pulsa Elektrik dan Paket Internet.


Dengan zaman yang semakin maju, telepon genggam sekarang telah menjelma menjadi komoditas utama yang hampir tidak bisa terpisah dengan kebutuhan manusia.


Melihat situasi ini, berjualan pulsa elektrik tentu saja bisa menjadi peluang bisnis yang tidak bisa kamu lewatkan.


Usaha rumahan yang satu ini ternyata tidak memerlukan modal yang besar.


Hal yang perlukan hanyalah sebuah telepon genggam untuk mengirim pulsa elektrik dan paket internet.


Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet ternama yang bisa kamu cari secara online.


2. Berjualan Camilan/Makanan


Berjualan makanan atau camilan adalah peluang bisnis yang tidak pernah ada matinya.


Dengan potensi yang besar, kamu juga perlu sedikit riset agar usaha di rumah ini berjalan dengan lancar.


3. Jasa desain grafis


Kalau kamu jago gambar, entah itu gambar logo, brand, desain untuk band dan lain sebagainya, bisa membuka jasa desain grafis lewat Instagram.


Pajang hasil karyamu di Instagram sertakan dengan caption dan hastag yang bisa mengundang banyak orang. 


Jasa ini paling banyak dicari oleh mereka-mereka yang terjun ke industri kreatif seperti distro.


Cuma bermodalkan komputer khusus desain, internet, dan keahlian menggambar tentunya, kamu sudah bisa meraup banyak keuntungan.


Kamu bisa mematok harga sesuai dengan tingkat kerumitan gambar. Biasanya sih berkisar antara Rp300 ribu sampai Rp1 juta untuk satu desain.


4. Catering


Bagi yang hobi memasak, Anda bisa mencoba untuk membuka catering rumahan. Anda bisa melakukan promosi saat acara keluarga, arisan, atau dari mulut ke mulut agar lebih dikenal oleh warga sekitar.


Anda juga dapat memasarkan masakan Anda untuk menu makan siang perusahaan. Hal yang paling penting dalam memulai usaha ini adalah rasa masakan yang tidak kalah dengan catering lain dan harganya bisa lebih murah.


5. Aneka Pembayaran Online


Bisnis agen pembayaran online kini sedang tren dan banyak diminati pengusaha kecil atau pengusaha rumahan.


Anda cukup menyiapkan laptop atau komputer yang terkoneksi dengan Internet untuk menjalankan usaha ini.


 Bisnis ini masih memiliki peluang yang terbuka lebar, Anda hanya perlu mendaftar untuk menjadi agen pembayaran online dan pelanggan Anda akan datang dengan sendirinya.


Karena banyak orang yang tidak sempat untuk membayar tagihan listrik, PDAM, telepon, Internet, TV kabel, angsuran kredit, dan jenis pembayaran lainnya.


6. Budidaya Ikan Hias


Selama pandemi, ikan hias seperti koi atau cupang sangat digemari. Konon katanya memelihara ikan hias dapat menghilangkan stres hingga mendatangkan keberuntungan. Budidaya ikan hias dapat dilakukan di rumah saja dengan peralatan khusus yang sudah disiapkan sebelumnya.


7. Bisnis Penatu atau Laundry


Di kota-kota besar, orang umumnya tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus cucian kotor dan menyetrikanya. Oleh karena itu, jasa laundry adalah inspirasi bisnis yang cukup menjanjikan. Cobalah survei kondisi lingkungan sekitar terlebih dahulu, jika mayoritas penduduk adalah pekerja dengan mobilitas tinggi, usaha laundry akan cocok sekali untuk diterapkan.


8. Jahit Pakaian


Sejak dulu, usaha jahit pakaian selalu punya pelanggan meski banyak toko yang menjual baju yang sudah siap pakai. Jasa tailor atau menjahit pakaian ini dapat disesuaikan dengan selera dan permintaan pelanggan, serta dengan ukuran yang pas. Untuk memulai usaha ini, Parents dapat belajar kursus menjahit terlebih dahulu atau secara otodidak.


9. Cuci Motor atau Sepeda


Salah satu usaha yang bisa dilakukan di garasi rumah adalah bisnis cuci motor atau sepeda. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, kegiatan gowes atau bersepeda sedang tren. Tapi tak banyak orang yang punya waktu membersihkan kendaraannya. Untuk memudahkan pekerjaan, Parents bisa bermodalkan mesin compressor untuk mencuci motor atau sepeda.


10. Membuka Warung Kopi


Sudah beberapa tahun ini usaha warung kopi sedang diminati banyak orang. Meracik kopi dari biji kopi langsung memiliki banyak penggemarnya dibandingkan kopi instan. Parents juga bisa menggunakan jasa kurir makanan untuk mengantar pesanan agar lebih praktis lagi.


11. Jual Air Minum Isi Ulang di Rumah


Masyarakat sangat menyukai hal yang praktis, termasuk untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari. Air minum isi ulang kini telah menjadi suatu kebutuhan, sehingga usaha air minum isi ulang cukup menjanjikan.


12. Guru Les Privat


Tuntutan akademis yang tinggi kini membuat anak-anak tidak cukup hanya belajar di sekolah saja. Guru les privat adalah solusi bagi keadaan ini. Usaha ini sangat cocok untuk daerah padat penduduk dengan banyak anak usia sekolah yang membutuhkan bimbingan.


13. Membuka Pertamini


Usaha Pertamini atau pom bensin mini termasuk salah satu ide bisnis yang menarik. Karena sudah memiliki label resmi, Pertamini Anda memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan BBM botolan yang tak bemerek. Peluang usaha ini cocok untuk Parents yang tinggal di pinggir jalan ramai.


14. Toko Kelontong.


Tinggal di daerah komplek padat penduduk, membuka toko kelontong atau warung adalah salah satu alternatif yang cukup menjanjikan. Modal yang diperlukan tak terlalu besar dan bisa dijalankan dari rumah saja.


Beberapa ide bisnis rumahan di atas dapat dijadikan inspirasi bagi Parents yang sedang berpikir untuk membuka sebuah usaha dari rumah. Setiap pekerjaan tentu memiliki kesulitan dan kemudahannya masing-masing, tapi yang terpenting adalah bagaimana kita menjalaninya, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat!.

Komentar

Tampilkan

Terkini