Modal 300 Ribu, 7 Ide Bisnis Ini Wajib di Coba..!

17 Juli 2022, 00:16 WIB Last Updated 2022-07-16T17:23:16Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


Bekasi//sinyalbekasi.com - Banyak yang tidak berani membuka usaha karena kendala modal. Padahal ada banyak usaha yang sebenarnya tidak membutuhkan modal besar.


Ada banyak contoh usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan. Mulai dari yang online sampai yang offline. Jika Anda tidak tahu bagaimana untuk memulainya, mungkin beberapa ide inspiratif di bawah ini akan membantu.


Dengan modal 300 ribu, kamu bisa membuka usaha macam-macam. Mulai dari usaha rumahan, ternak, kuliner, dan lain-lain.


Apakah pasti laku dan berhasil?


Itu tergantung bagaimana strategi bisnis, pemasaran, inovasi, dan lain-lain. Namun, jangan terpaku pada kekhawatiran. Selama belum kamu coba, maka kamu tidak akan pernah tahu apakah bisnis ini laku atau tidak.


Berikut ini adalah 7 ide usaha dengan modal Rp300.000 yang bisa dicoba:


1. Jasa Pulsa Elektrik


Meskipun sudah banyak saingan, tetapi usaha pulsa elektrik jelas tidak ada matinya. Sebab, semua orang perlu membeli pulsa untuk keperluan komunikasi dan handphone mereka. Melalui modal Rp 100 sampai 300 ribu saja, kamu sudah bisa menjadi agen pulsa dan berjualan. 


2. Usaha Es Buah


Bisnis modal 300 ribu yaitu dengan memulai usaha es buah. Usaha ini juga dapat dibuka di depan rumah dengan target pasar masyarakat sekitar maupun orang umum yang lewat di depan rumah.


Agar usaha es buah semakin dikenal luas, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah kerjasama layanan mitra transportasi online. Saat ini memang marak bisnis penjualan makanan dan minuman dengan jasa pesan antar dari platform transportasi online.


Oleh karena itu, manfaatkan peluang bisnis tersebut dengan membuka gerai es buah di rumah. Selain itu, juga sekaligus menerima pesanan melalui ojek online maupun platform makanan online lainnya yang menyediakan jasa pengiriman.


Agar berbeda dari usaha es buah yang sudah ada, sebaiknya inovasi produk memiliki ciri khas tersendiri. Seperti misalnya memberikan toping yang beragam, mulai dari susu, choco chips, kismis, dan lain-lain.


3. Usaha Gorengan


Dengan modal 300 ribu bisa usaha apa ? Bagaimana kalau membuka usaha aneka macam gorengan di pinggir jalan? Meskipun terlihat sepele, namun usaha yang satu ini tidak kalah menguntungkan dengan bisnis lainnya yang terlihat lebih bergengsi.


Apalagi jika gorengan yang dijual sangat laris dan banyak dicari pembeli. Dari banyak informasi yang ada, omset jualan gorengan tampaknya juga cukup "gurih" dan bahkan bisa dijadikan sumber pemasukan utama jika laris.


Agar semakin menarik minat pembeli, sebaiknya gorengan yang disediakan lengkap. Mulai dari yang bercita rasa gurih atau asin hingga manis. Contohnya tempe mendoan, bakwan, pisang goreng, tahu isi, tape goreng, singkong goreng, dan lain-lain.


Selera pembeli pasti berbeda-beda. Kalau produk gorengan yang dijual beraneka macam, maka hal itu akan membuat konsumen dengan selera yang berbeda akan tetap membeli sesuai selera masing-masing.


Menguntungkan Bagi Pemula

Selain menjual berbagai macam gorengan, pastikan kualitas gorengan yang dijual juga bagus. Termasuk dalam pengolahan dan tempat produksi yang bersih sehingga calon pembeli tidak ragu untuk membeli gorengan yang dijual.


4. Usaha Kue Basah


Kalau masih belum mantap membuka usaha gorengan, ide usaha lainnya yang bisa dicoba adalah menjual kue basah. Usaha ini bisa dijalankan terutama bagi yang memiliki keterampilan membuat aneka kue basah atau jajanan.


Usaha ini bisa dilakukan di rumah dengan cara menerima pesanan kue basah sesuai keinginan konsumen dan ketersediaan produk makanan yang dibuat. Selain itu, bisa juga membuat kue basah dan dititipkan ke pasar tradisional atau warung dekat rumah.


Jika ingin produk kue basah yang dibuat semakin dikenal luas, jangan ragu untuk melihat dengan platform ojek online yang menyediakan jasa pengiriman makanan. Cara ini cukup efektif untuk memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan.


5. Usaha Snack Kiloan


Modal 300 ribu bisa usaha apa ? Selain kue basah dan jenis usaha lain yang telah dijelaskan sebelumnya, memulai bisnis snack kiloan juga tidak kalah menarik untuk dicoba. Hanya dengan modal kecil, usaha snack kiloan sudah bisa dijalankan.


Caranya adalah dengan membeli snack secara kiloan dan kemudian membaginya dalam ukuran kecil. Snack kiloan tersebut bisa dititipkan di warung-warung atau kantin sekolah, bahkan bisa dijual di depan rumah.


Meskipun dari segi keuntungannya terbilang kecil, namun jika perputarannya cepat akan tetap memberikan hasil yang besar. Apalagi jika dari modal tersebut terus bertambah dan bisa meningkatkan jumlah snack yang mati di pasaran.


6. Usaha Reseller


Saat ini bisnis online memang sangat marak dan hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya, untuk memulai usaha reseller modal yang diperlukan tidak terlalu banyak. Bahkan, hanya dengan modal 300 ribu saja usaha sudah bisa dijalankan.


Ada banyak penjual yang membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjadi reseller dengan syarat tertentu. Agar usaha yang dijalankan semakin berkembang, pastikan untuk melakukan promosi baik di media sosial maupun platform lainnya.


Bahkan jika ingin memulai usaha tanpa modal, bisa juga menjadi dropshipper untuk berbagai macam produk. Sama seperti reseller, saat ini juga banyak pelaku usaha yang membuka kesempatan bagi masyarakat yang tertarik untuk menjadi dropshipper.


Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mempromosikan produk dan mencatat pemesanan. Selanjutnya, melakukan pembayaran dan pemesanan akan dilakukan oleh pemilik usaha hingga kepada pemesan.


7. Usaha telur asin


Banyak yang menyukai telur asin karena rasanya yang enak. Telur asin juga cocok untuk menu makan malam, makan siang, atau bahkan sarapan. Tentu ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.


Agar bisnis kamu terlihat menarik dan berbeda dari yang lain, kamu bisa berinovasi dengan menghadirkan telur asin aneka rasa. Kamu juga bisa menghadirkan telur asin kemasan yang lebih praktis dan bisa dibawa ke mana saja tanpa takut pecah atau bau amis.


(Yoga)

Komentar

Tampilkan

Terkini