7 Manfaat Daun Bidara, No 1 Dapat Menyembuhkan Diabetes

19 Agustus 2022, 20:29 WIB Last Updated 2022-08-19T13:30:34Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


Bekasi//sinyalbekasi.com
- Anda mungkin sudah tak asing lagi mendengar nama tanaman bidara. Tanaman ini sering kita jumpai di sekitar rumah. Namun yang membuat tanaman ini banyak dikenal adalah khasiat yang ditawarkannya.


Khasiat dari tanaman bidara berasal dari buah dan juga daunnya. Khusus untuk daun bidara, khasiatnya sudah banyak dijelaskan sehingga dinilai ampuh untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti mengatasi jerawat, sariawan, hingga masalah pencernaan.


Pohon bidara merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa tumbuh di tempat kering dan keras. Selain itu, tanaman ini juga biasa tumbuh secara liar. Akan tetapi, ada beberapa yang bisa membeli bibit atau menanamnya di dalam pot.


Manfaat Daun Bidara


Salah satu ruas bagian dari pohon bidara yang bisa diambil manfaatnya adalah bagian daun. Daun bidara memiliki karakteristik permukaan halus dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut 7 manfaat daun bidara yang dilansir dari Gooddoctor.co.id:


1. Menyembuh Diabetes


Salah satu penyakit berbahaya yang kerap menyerang manusia adalah diabetes. Perlu perawatan maksimal untuk menyembuhkan penyakit ini dan sifatnya menahun apabila telah menyerang manusia.


Di antara bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi efek buruk diabetes adalah dengan daun bidara. Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Anda bisa mengonsumsi rebusan daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dan darah. Daun bidara juga dapat membantu dalam mengatur sistem perlindungan terhadap pengoptimalan produksi insulin.


2. Menjadi Proteksi Alami Dari Efek Buruk Sinar Matahari


Manfaat daun bidara selanjutnya sebagai pelindung kulit dari segala kerusakan kulit yang timbul dari paparan dari radiasi sinar matahari. Radiasi sinar matahari sendiri dianggap dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan kulit, di antaranya termasuk munculnya sel kanker kulit atau melanoma.


3. Pereda Demam Secara Alami


Manfaat daun bidara selanjutnya adalah sebagai obat penurun suhu di saat badan mengalami demam tinggi. Manfaat daun bidara ini dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif pada penderita demam tinggi.


4. Obat Penurun Kolesterol Dalam Tubuh


Kolesterol jahat dalam tubuh kerap menumpuk dan menyumbat peredaran darah. Hal itu dapat diobati dan bisa diturunkan apabila Anda mengonsumsi serat daun bidara yang larut dalam air.


Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara. Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui urine atau feses.


 5. Menjadi Penyembuh Luka Alami


Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Daun bidara diyakini berkhasiat dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau luka akibat goresan.


Daun bidara juga memiliki senyawa glikosida yang bermanfaat membantu menyembuhkan luka bakar dan membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka berasal dari kemampuannya untuk mempercepat regenerasi kulit.


6. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan


Selain mengurangi risiko kolesterol jahat dalam tubuh, fungsi daun bidara untuk kesehatan pencernaan adalah dapat dikonsumsi secara langsung, dengan cara meminum rebusan daunnya.


Selain itu, daun bidara juga dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.


7. Mengobati Gangguan Lambung


Kegunaan daun bidara selanjutnya adalah sebagai pereda apabila terjadi gangguan lambung. Masyarakat yang mengalami derita gangguan lambung atau maag, biasanya karena pola makan yang kurang teratur. Saat asam lambung naik, cobalah untuk membuat jus daun bidara atau bisa mengonsumsi air rebusannya.


(Dwi)


Komentar

Tampilkan

Terkini