9 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan, No 9 Membantu Obati Rematik

23 Agustus 2022, 16:09 WIB Last Updated 2022-08-23T09:09:59Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


Bekasi//sinyalbekasi.com
- Sayuran ini merupakan salah satu sumber protein utama untuk menjadikan mengatasi kekurangan pada gizi protein seluruh dunia. Pada faktanya daun singkong merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. Hal ini dikarenakan kebanyakan dari sumber protein hewani lebih banyak terkandung dibanding protein nabati.


Selain itu, daun singkong juga dikenal sebagai lalapan yang enak. Daun singkong mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tidak heran daun singkong menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. 


Daun singkong merupakan tanaman yang memiliki jumlah kalori yang cukup. Dibandingkan dengan buahnya, daun singkong lebih bermanfaat. 


Melansir dari Health Benefits Time, berikut Sembilan manfaat rebusan daun singkong untuk kesehatan.


1. Baik untuk wanita hamil

Kandungan zat besi yang tinggi dalam daun singkong membantu ibu hamil untuk menghindari anemia. Sebagaimana dilansir Health Benefit Times, daun singkong memiliki kandungan folat dan vitamin C yang tinggi.


2. Bantu atasi demam dan sakit kepala

Rebusan akar dan daun singkong disebut membantu meredakan demam dan sakit kepala.


Caranya: rebus akar dan 400 gram daun singkong dengan satu liter air. Rebus hingga air berkurang menjadi setengah dan kemudian biarkan dingin.


3. Redakan diare

Untuk mendapatkan manfaat rebusan daun singkong dalam mengobati diare, Anda dapat merebus tujuh lembar daun singkong dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Cairan ini harus diminum dua kali sehari untuk menyembuhkan diare.


4. Tingkatkan nafsu makan

Daun singkong disebut dapat membantu mengembalikan nafsu makan. Ramuan daun singkong dengan jahe sebaiknya diminum setiap pagi setelah bangun tidur.


5. Bantu atasi stroke

Studi yang telah dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa daun singkong membantu mengobati stroke karena daun singkong memiliki isoflavon, antioksidan yang membantu mengikat radikal bebas.


6. Tingkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi daun singkong membantu menjaga tubuh dengan menghilangkan berbagai penyakit.


Daun singkong juga membantu menjaga kesehatan tulang. Antioksidan membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh. Folat membantu meningkatkan produksi sel dengan membantu materi genetik untuk kehidupan dan menghindari mutasi DNA.


7. Menyembuhkan luka

Kehadiran berbagai nutrisi membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Dengan sedikit gel lidah buaya, tambahkan beberapa daun singkong yang dihancurkan dan buat pasta. Pasta ini harus dioleskan pada luka.


8. Mencegah Tanda Penuaan

Tahukah Anda daun singkong mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini? Hal tersebut dikarenakan daun singkong mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, sehingga dapat mencegah lipatan kulit dan tanda penuaan lainnya.


9. Membantu Mengobati Rematik

Daun singkong memiliki jumlah magnesium yang tinggi yang bermanfaat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan menghilangkan risiko penyakit rematik. 


Bisa dibuat dengan merebus 150 gram daun singkong, 15 gram jahe, sedikit serai dan garam. Itu harus direbus sampai kira-kira 400 cc. Mengkonsumsi cairan ini setiap hari mencegah penyakit rematik.


Itulah manfaat rebusan daun singkong untuk kesehatan.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini