Banjir dan Longsor Disebabkan Ulah Manusia, Allah Terangkan Dalam Alquran..!

13 Oktober 2022, 17:05 WIB Last Updated 2022-11-30T18:32:57Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


Bekasi//sinyalbekasi.com
- Alasan terjadinya banjir dan longsor bisa saja disebabkan oleh ulah manusia, seperti menebang pohon sembarangan, membuang sampah atau limbah semaunya tampa memperdulikan dampak yang akan terjadi. 


Allah berfirman dalam Al-Qur'an surat Ar-Rum ayat 41 yang berbunyi:


“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”.


Allah SWT juga menjelaskan didalam Al-Qur'an surat As-Syuara ayat 151-152. tentang manusia yang mengikuti perintah orang orang yang melampaui batas di muka bumi dan tidak mengadakan perbaikan. Ayat tersebut berbunyi:  


“Dan janganlah kamu menaati perintah orang-orang yang melampaui batas, yaitu mereka yang berbuat kerusakan di muka bumi dan tidak mengadakan perbaikan.”


Ayat ini memberikan peringatan kepada kita agar senantiasa menjaga alam dan memahami ilmu pengetahuan tentangnya serta memahami sunnatullah mengenai hukum-hukum alam yang telah Allah SWT tetapkan. Menjaga alam dengan penuh kesadaran itu hal yang seharusnya dilakukan.


Dijelaskan, Umat manusia adalah pemimpin yang diutus oleh Allah SWT sebagai wakilnya, manusia adalah khalifah di muka bumi yang diberikan tanggung jawab oleh Allah untuk menjaga ekosistem kelestarian alam. 


Dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 30 dengan jelas Allah berfirman:


Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, Aku hendak menjadikan khalifah di bumi. Mereka berkata, Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu? Dia berfirman, Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al-Baqarah: 30).


Walaupun ada bencana, sering kali umat manusia juga tidak sadar dan baru ingin bertaubat saat nyawa sudah di ujung tanduk. Tentu hal itu sudah tidak lagi berguna baginya.


Berikut ayat-ayat peringatan dan adzab Allah SWT dengan bentuk bencana. QS: Al-Ankabut ayat 40 yang berbunyi:


“Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri”


Itulah beberapa ayat yang berkenaan dengan bencana dan adzab Allah SWT. Hal ini bisa kita pelajari dari beberapa ayat di atas. Orang orang yang dzalim dan menyekutukan Allah sering kali mendapat peringatan juga adzab yang amat keras dari Allah Subhana wa taala.


(Dwi)


Komentar

Tampilkan

Terkini