Benarkah Hujan itu Rahmat Bagi Umat Islam? Ternyata..

13 Oktober 2022, 14:55 WIB Last Updated 2022-10-13T07:57:13Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


Bekasi//sinyalbekasi.com
- Dalam ajaran Islam, hujan disebut sebagai keberkahan yang diturunkan oleh Allah SWT. Kendati demikian, hujan juga bisa berubah menjadi bencana jika turun dengan intensitas tinggi dalam waktu cepat yang mengakibatkan banjir atau longsor.


Ketakutan akan hal tersebut membuat ada sebagian orang yang mengeluh ketika musim hujan mulai datang. Dalam Islam, itu adalah sesuatu yang dilarang. Islam mengajarkan bahwa air hujan adalah rahmat dan rezeki yang diberikan Allah kepada hamba-Nya.


Dengan hujan, kondisi bumi yang semula tandus dan gersang menjadi subur. Dengan hujan pula, kebutuhan makhluk hidup akan air dapat terpenuhi. Oleh karena itu, sudah sepantasnya manusia bersyukur jika hujan turun.


Allah SWT berfirman dalam Alquran bahwa hujan diturunkan ke bumi sebagai rahmat yang diperuntukkan bagi seluruh makhluk, yang berbunyi:


“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang dapat dipanen.” (QS Qaaf ayat 9).


Dalam Surat Al Baqarah ayat 22 juga menyebutkan tentang hujan.


"Dia (Allah) menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untuk kalian. Karena itu, janganlah kalian mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kalian mengetahui"


Melalui hujan, Allah menumbuhkan buat mereka berbagai macam tumbuhan yang menghasilkan banyak jenis buah, sebagaimana yang telah disaksikan. Hal tersebut sebagai rezeki buat mereka, juga buat ternak mereka.

 

Dari ayat di atas, kita mengetahui bahwa Allah menurunkan hujan sebagai rahmat-Nya sesuai dengan kebutuhan seluruh makhluk-Nya.


Dilansir dari Katalogika.com, Air hujan yang turun ke bumi, selain menyuburkan tanaman dan tumbuhan yang ada di daratan, juga untuk menyejukkan temperatur terhadap panas bumi yang kian memanas, serta menetralisir polusi.


• Menyehatkan kulit dan rambut

• Menghilangkan stres

• Mengobati masalah pencernaan

• Menetralkan PH darah pada tubuh, karena air hujan memiliki PH yang sama dengan air suling dan air reverse osmosis.


Dalam hal ini hujan merupakan bukti dan tanda kebesaran Allah SWT. Jika Allah telah menurunkan hujan, itu artinya ada maksud baik di baliknya. Jadi hujan turun pasti ada sebabnya. Mengingat bahwa segala penciptaan di dunia ini tidak ada yang sia-sia.


(Dwi)


Komentar

Tampilkan

Terkini