Ustadz Abdul Somad, Tentang Akhlak, Adab Diatas Ilmu..!

07 Oktober 2022, 13:08 WIB Last Updated 2022-10-07T06:09:27Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


Bekasi//sinyalbekasi.com
- Penceramah Ustadz Abdul Somad atau UAS mengatakan Laisal ilmu bikasratir riwayah, ilmu itu bukan orang yang banyak meriwayatkan. Tapi ilmu adalah ketika sebanding, bersanding sama sejalan dengan adab, maka dikatakan oleh para ulama, al-adab faukol Ilmi, adab itu Diatas ilmu.


Hal tersebut diungkapkan UAS saat berceramah di Pesantren Nurul Ilmi, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, dikutip dari Chanel YouTube Ustadz Abdul Somad Official yang berjudul: Bagaimana Ilmu dan Adab Kita.?


Sebelumnya, Ustadz Abdul Somad menjelaskan jika orangtua bangga kepada anak-anaknya dalam menghapal ayat Alquran, UAS mengatakan sesungguhnya yang paling kuat hafalan adalah YouTube dan google.


Buktinya, kata UAS, banyak anak anak yang diajarkan melalui alumni pendidikan secara online. Dengan memakai jilbab rapih dan baju rapih. Akan tetapi memakai celana pendek, kenapa begitu karena yang tampil hanyalah sepotong badannya saja.


Ustadz Abdul Somad menegaskan, Allah Subhana wa taala sangat memuji nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam dalam Alquran, yang dikatakan bahwa Akhlak Nabi Muhammad itu amat sangat sempurna.


"Jadi Kalau ibu bapak wali santri merasa mengirimkan anaknya ke pesantren hanya sekedar untuk menghafal Al-Qur'an, menghafal hadis dan menghafal fikih, hebat dalam Ilmu pengetahuan itu kekeliruan terbesar karena yang utamanya adalah akhlak," terang ustadz.


UAS mendoakan dihadapan para jamaah yang hadir semoga anak mereka yang dititipkan kepada para ustadz di Pesantren menjadi anak anak yang berakhlakul Karimah semua, insyaallah. 


Lebih lanjut, Ustadz Abdul Somad, pendidikan yang dapat menjaga anak anak dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali, hanya ada satu di dunia ini yaitu Pesantren. 


"Yang memperhatikan bagaimana dia bangun untuk sholat tahajud, bagaimana dia sarapan pagi, bagaimana dia tidur miring kekiri apa kekanan, tidur jam berapa, tahajud nya bagaimana dan cara berpakaiannya, cuma ada satu di dunia ini yaitu lembaga yang bernama Pesantren," ungkap UAS.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini