Pengerjaan Proyek Pengaspalan di Perum Dukuh Zamrud diduga Tidak Transparan

18 Januari 2023, 15:52 WIB Last Updated 2023-01-18T09:02:11Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


Bekasi//sinyalbekasi.com
- Proyek pengaspalan perbaikan Jalan yang beralamat di Perumahan Dukuh Zamrud, Blok N, Rw 20 Kelurahan Padurenan, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, di diduga tidak transparan yang dimana papan Informasinya tidak terpasang. Rabu (18-01-2023).


Pasalnya, sesuai amanah Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) No 14 tahun 2008 serta Perpres No 54 tahun 2010 dan No 70 tahun 2012. Mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh negara wajib memasangkan papan nama proyek yang memuat jenis, lokasi kegiatan, nomer kontrak dan waktu pelaksanaan.


Selain itu, pemasangan papan nama proyek juga merupakan implementasi azas transparansi, sehingga seluruh lapisan element baik masyarakat, Lsm, Ormas maupun Media dapat ikut serta dalam proses pengawasan tersebut.



Dalam hal ini, pekerjaan pengaspalan perbaikan Jalan yang berlokasi di Perumahan Dukuh Zamrud tersebut diduga adanya indikasi sebagai salah satu trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggarannya dari mana.


Saat dikonfirmasi awak media Sinyal Bekasi, Ketua RW. 020 Perumahan Dukuh Zamrud, Trio mengatakan, dirinya tidak mengetahui adanya Papan Informasi dan ia juga sempat mencari tau keberadaan Papan Informasi di sekitar lokasi namun tidak juga terlihat.


"Kayanya gak ada, saya dari tadi nyari nyari juga gak ada papan informasi nya bang,"ungkap dia.


Selain itu, Trio juga menjelaskan ukuran pengerjaan jalan dengan total global pengaspalan sepanjang 200 meter dan lebar 4 meter yang terbagi di 3 titik lokasi.


"Lokasi yang pertama sepanjang 82 meter, lokasi kedua sepanjang 40 meter dan sisanya kurang lebih sekitar 78 meter," beber Trio saat dikonfirmasi.



Trio yang menjabat sebagai Ketua Rw baru itu menyebut bahwa pengaspalan jalan adalah hasil pengajuan dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).


"Kalau saya denger si dari dewan, kalau dewannya saya tidak tau, yang saya tau melalui Musrenbang, kalau yang lebih tau Pengurus yang lama sebelum saya,"terangnya.


Sementara itu, Mantan Ketua RW 020 Perumahan Dukuh Zamrud, Lili membenarkan jika pengerjaan tersebut hasil daripada pengajuan Musrenbang. Terkait tidak terpasangnya Papan Informasi Lili sangat menyayangkan, padahal menurutnya, dahulu kala setiap pengerjaan jalan pasti di pampang papan informasi.


"Kalau dulu ada papan proyek dan sekarang saya liat di jalan pengerjaan aspal tidak ada papannya, kan jelas pagunya berapa?, kalau dulu kan jelas pembangunan pembangunan apa juga jelas papan informasi nya itu ada," ujar Lili.


Kuli tukang dilokasi yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan dirinya tidak sama sekali mengetahui tentang adanya Papan Informasi.


"Saya gak tau bang Papan Informasi, saya mah cuma pekerja saja," jelasnya.


Hingga berita ini ditayangkan pihak pelaksana pengerjaan belum dapat dikonfirmasi


(Wahyu Arab)



Komentar

Tampilkan

Terkini