10 Manfaat Bunga Dandelion yang Harus Diketahui

21 Juni 2023, 14:50 WIB Last Updated 2023-06-21T07:50:48Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM
- Dandelion memiliki sebutan bunga randa tapak dalam bahasa Indonesia. Tumbuhan ini memiliki nama asli Taraxacum dan berasal dari keluarga Asteraceae.


Dandelion merupakan bunga dengan pusat berdiameter relatif jauh lebih lebar dibanding kelopaknya. Biasanya dandelion ditiup sehingga menyebabkan kelopaknya jatuh. Randa tapak ini awalnya berasal dari Eropa dan Asia. 


Namun sekarang sudah tersebar di berbagai belahan dunia. Ciri khusus tanaman dandelion adalah bentuk batangnya yang panjang dan bunganya yang membentuk bulatan. Bagi beberapa orang, dandelion sering dianggap sebagai hama liar. Padahal, akar bunga ini punya banyak manfaat. 


Akar bunga dandelion memiliki kandungan vitamin C, D, E, dan K serta memiliki kandungan serta, zat besi, kalsium, kalium, fosfor, tiamin, folat, magnesium dan riboflavin. Selain memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, bunga dandelion rupanya memiliki beberapa fakta unik lainnya


bunga dandelion sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Ada banyak orang yang menggunakan bunga dandelion sebagai obat herbal untuk berbagai macam masalah kesehatan.


Dilansir dari Gramedia.com manfaat bunga dandelion untuk Kesehatan, Berikut penjelasannya.!


1. Penangkal Radikal Bebas


Bunga dandelion memiliki kandungan polifenol dan beta karoten di dalamnya yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu menetralisir efek berbahaya dari radikal bebas.


Radikal bebas tidak hanya berasal dari luar saja, akan tetapi juga berasal dari dalam tubuh, sebab sebenarnya tubuh manusia mampu memproduksi radikal bebas secara alami.


Karena hal inilah, radikal bebas yang terbentuk secara alami oleh tubuh dapat berisiko merusak sel-sel tubuh, sehingga seseorang akan lebih rentan mengalami penuaan atau bahwa terserang penyakit tertentu.


2. Menurunkan Kadar Kolesterol


Menurut sebuah studi berjudul Hypolipidemic and Antioxidant Effect of Dandelion (Taraxacum officinale) Root and Leaf on Cholesterol Fed Rabbits, ditemukan efek dari mengkonsumsi bunga dandelion pada kelinci.


Hasil dari penelitian tersebut, akar serta daun bunga dandelion rupanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada hewan yang sedang menjalani diet tinggi kolesterol. Studi lainnya yang dilakukan pada tikur menemukan bahwa mengkonsumsi danlion mampu mengurangi kolesterol total serta kadar lemak pada hati.


Akan tetapi, hingga saat ini belum ada temuan yang menyebutkan seberapa efektifnya penggunaan dandelion untuk menurunkan kadar kolesterol pada manusia.


3. Mengatur Gula Darah


Ditemukan beberapa bukti bahwa bunga dandelion mengandung senyawa yang mampu mengatur gula darah. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2016, para peneliti berpendapat bahwa sifat antihiperglikemik, antiinflamasi dan antioksidan pada bunga dandelion dapat membantu mengobati diabetes tipe 2. Akan tetapi, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim satu ini.


4. Mengurangi Peradangan


Menurut beberapa penelitian, ekstrak serta senyawa pada bunga dandelion dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Menurut sebuah studi pada tahun 2014, para peneliti menemukan bahwa bahan kimia yang ada dalam bunga dandelion memiliki efek positif untuk mengurangi respons dari peradangan.


Meskipun begitu, penelitian tersebut dilakukan dalam sel serta bukan pada manusia. Oleh karena itulah, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk dapat menyimpulkan efek dari bunga dandelion sebagai anti peradangan bagi manusia.


5. Menjaga Kesehatan Kulit


Paparan dari sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari dapat membahayakan kesehatan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga dandelion mampu membantu melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit.


Dengan merawat dan melindungi kulit dari sinar UV matahari, maka akan membantu kulit terlihat awet muda dan tampak lebih sehat.


Manfaat dari bunga dandelion tentunya dapat diperoleh lebih efektif, apabila dibarengi dengan pola hidup sehat, contohnya seperti rajin melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan sehat dengan banyak serat dan vitamin seperti buah dan sayur, istirahat dan tidur yang cukup.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini