Azab Bagi Orang Yang Gemar Fitnah dan Ghibah, "Tidak Akan Masuk Surga"

11 Juni 2023, 16:52 WIB Last Updated 2023-06-11T10:37:53Z
masukkan script iklan disini


SINYALBEKASI.COM
- Tidak ada manusia yang sempurna dalam segala hal, selalu saja ada kekurangan. Boleh jadi ada yang indah dalam rupa, tapi ada kekurangan dalam gaya bicara, bagus dalam penguasaan ilmu, tapi tidak mampu menguasai emosi dan mudah tersinggung, kuat di satu sisi, tapi lemah di sudut yang lain.


Islam mengajarkan kita untuk menjaga lisan dengan ucapan yang baik. Namun, sering kali manusia tergoda untuk membicarakan orang lain (Ghibah), merendahkan hingga memfitnah sehingga dapat merusak kerukunan bertetangga.


Dari situlah kita harus cermat mengukur timbangan penilaian terhadap seseorang, apa kekurangan dan kesalahannya dan mengapa bisa begitu, serta seterusnya. Seperti apapun orang yang sedang kita nilai, keadilan tidak boleh dilupakan. 


Walaupun terhadap orang yang tidak disukai, yakinlah kalau dibalik keburukan sifat seorang Mukmin, pasti ada kebaikan di sisi yang lain.


Baca juga: 26 Ciri Istri Suka Selingkuh, Para Suami Wajib Tau.!


Allah berfirman dalam Surat An-Nur Ayat 19. 


"Siapapun gemar menceritakan atau menyebarluaskan kejelekan saudara Muslim kepada orang lain diancam dengan siksa yang pedih di dunia dan di akhirat."


Apalagi jika cerita yang digosipkan itu merupakan berita bohong, tidak sesuai fakta atau hanya berdasarkan prasangka, jelas lebih besar dosanya.


Allah juga menggambarkan perilaku orang yang suka menggunjing dan membicarakan orang lain dalam Surat Hujurat Ayat 12.


"Wahai orang-orang beriman jauhilah banyaknya prasangka sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, janganlah kalian mencari-cari kesalahan, jangan menggunjing sebagian terhadap sebagian, apakah engkau senang jika makan daging bangkai saudaranya? Maka kalian membencinya, dan takutlah kepada Allah sesungguhnya Allah menerima taubat dan Maha penyayang."


Baca juga: Ciri Ciri Suami Selingkuh, Waspada Jika Sering Berpenampilan Menarik


Melansir dari berbagai sumber, fitnah termasuk dalam dosa besar. Tak hanya efeknya saja yang dahsyat, ganjarannya pun tak-main-main. Berikut beberapa adzab bagi mereka yang suka menyebar fitnah.


1. Dilarang Allah untuk Mempercayainya lagi


Allah berfirman, “Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. an-Nur: 4).


Ayat tersebut menjelaskan bahwa apabila ada seseorang yang memfitnah seorang muslim berzina tanpa adanya bukti dari empat orang saksi, maka hukuman bagi penyebar fitnah adalah cambukan sebanyak 80 kali dan orang tersebut digolongkan sebagai orang yang fasik, yang mana kesaksian orang tersebut tidak akan diterima selamanya.


2. Tidak ada Surga Untuknya


Kelak di akhirat, orang-orang yang menyebarkan fitnah tidak akan masuk surga.


Rasulullah bersabda, “Tidak masuk surga orang yang suka menyebarkan fitnah,” (HR.Bukhari dan Muslim).


Sebagaimana bersaudara, maka kita sesama muslim hendaknya mempererat tali persaudaraan dan bukan malah sebaliknya.


3. Dijerumuskan dalam Neraka


karena diharamkan masuk surga, maka, penyebar fitnah akan menjadi penguhuni neraka. Jika orang lain percaya dengan fitnah yang disebarkan, maka itu akan menjadi dosa jariyah bagi si pemfitnah. Dan jika tidak segera bertaubat, maka nerakalah yang pantas untuknya.


Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala, “Sesungguhnya orang yang beriman itu adalah bersaudara, maka damaikan antara dua saudara kamu (yang bertengkar) itu, bertaqwalah kamu kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al Hujurat: 10).


Baca juga: Istri Yang Zalim pada Suami Masuk Jenis Dosa Besar 'Durhaka'


Maka, hendaklah kita senantiasa selalu menjaga lisan dengan baik dan bijak. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang dilindungi Allah.


(Dwi)
Komentar

Tampilkan

Terkini