Doa Mustajab Menghilangkan Rasa Takut Pada Diri Manusia

19 Juni 2023, 20:12 WIB Last Updated 2023-06-19T15:48:10Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM
- Kecemasan sering melanda dalam diri setiap orang. Penyebabnya tentu berbeda-beda. Begitu juga untuk meredakannya pun setiap orang membutuhkan waktu dan cara yang juga berbeda. Dalam kondisi yang cemas, sahabat juga akan kesulitan untuk melakukan aktivitas karena tidak bisa fokus.


Oleh karena itu, sahabat harus segera menenangkannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri dari kecemasan adalah dengan berdoa. Membaca doa menghilangkan rasa cemas dalam Islam penting diketahui oleh setiap umat Islam.


Seorang yang mengalami ketakutan biasanya akan merasa gelisah hingga gundah gulana karena tidak senang. Perasaan cemas dan takut akan muncul lantaran berbagai hal terutama saat sedang mengalami masalah atau kesulitan.


Ini menjadi perkara yang tidak mudah. Namun apapun masalah dan kondisinya, sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk selalu membaca doa menghilangkan takut dan rasa cemas. Dirangkum dari Dream, Senin (19/06) berikut adalah ulasan selengkapnya.


Baca juga:

1. Cara Menghilangkan Rasa Takut Bertemu Orang Lain.

2. 8 Cara Ini Dapat Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan.

3. Mengenal Ciri Rasa Takut Pada Diri Manusia.


1. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas pada Kejahatan


Dalam kitabnya Al Adzkar oleh Imam an-Nawawi dianjurkan membaca bacaan doa menghilangkan rasa takut dan artinya berikut ini:


Allahumma inna naj'aluka fi nuhurihim wa na'udzubika min syururihim.


Artinya:


"Ya Allah, kami menjadikan Engkau sebagai pihak yang memegang leher mereka dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka."


2. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas pada Kesulitan


Doa menghilangkan rasa cemas berikut ini diambil dari Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 250. Tentara Talut pernah memanjatkan doa ini ketika hendak melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat.


Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw-wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.


Artinya:


"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."


3. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dari Nabi Musa


Berikut bacaan doa menghilangkan rasa takut dan artinya sebagaimana yang dibaca oleh Nabi Musa saat membelah lautan berikut ini:


Bismillahir rahmanir rahim. Ilahi kaifa ad'uka wa ana ana, wa kaifa aqtho'u rajai wa anta anta ilahi, falaqtal bahra li musa 'alaihis salam wa najjaitahu minal gharaqi rabbi najjini mimma ana fihi rabbi hab li farjan wa makhrajan birahmatika ya arhamar rahimin.


Artinya:


"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku, bagaimana aku memohon kepada-Mu sementara aku adalah aku, dan bagaimana aku memutus harapanku sementara Engkau adalah Tuhanku. Engkau belah lautan untuk Nabi Musa (keselamatan atasnya) dan Engkau selamatkan dia dari tenggelam. Wahai Tuhanku, selamatkan aku dari apa yang sedang aku ada di dalamnya. Wahai Tuhanku, berilah aku kemudahan dan jalan keluar dengan rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih."


4. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan


Berikut ini bacaan doa menghilangkan rasa takut berlebihan dan artinya sebagaimana dalam hadis riwayat Thabrani dari Abu Umamah. Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah:


Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.


Artinya:


"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."


5. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas


Berikut ini bacaan doa menghilangkan rasa takut dalam buku berjudul Doa Zikir Mohon Pelindungan dan Ketenangan Hati oleh Darul Insan:


Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul’udatam-milisaanii. Yafqohuu qoulii


Artinya:


"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."


6. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas


Allahumma inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.


Artinya:


"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta dukacita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."


(Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini