Ineu Purwadewi Sundari Apresiasi Langkah Pemerintah Menjaga Fungsi dan Manfaat Waduk Jatigede

17 Juni 2023, 13:58 WIB Last Updated 2023-06-17T06:58:11Z
masukkan script iklan disini


SINYALBEKASI.COM
- Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari, mengapresiasi langkah yang telah dilakukan pemerintah dalam upaya menjaga keberlanjutan fungsi dan manfaat dari waduk Jatigede bagi masyarakat.


“Apresiasi tentunya kepada para petugas dibawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung yang secara rutin dan teratur melakukan kegiatan operasi dan pemeliharaan bendungan berbasis digital,” ungkap Ineu mengunjungi waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, pada Senin 12/6/2023. 


Ineu menjelaskan, waduk Jatigede dibangun untuk menambah volume tampungan air serta dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan ketersediaan air nasional, khususnya di Provinsi Jawa Barat.


“Keberadaan Waduk Jatigede tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa seperti Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Sumedang, selain mendukung program ketahanan pangan juga ketersediaan air, apalagi saat ini cuaca ekstrim dan ancaman kekeringan menghantui masyarakat khususnya para petani,” imbuh Legislator PDI Perjuangan asal Dapil XI Jabar, meliputi Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang ini.


Diketahui, Waduk Jatigede yang mempunyai kapasitas tampungan sebesar 979,5 juta m3 merupakan waduk terbesar kedua setelah Waduk Jatiluhur.


“Waduk ini memberikan banyak manfaat, disamping akan memberikan manfaat untuk mengairi daerah Irigasi Rentang di Kabupaten Indramayu dan sekitarnya seluas + 90 ribu ha, bahkan hingga wilayah Pantura, juga dapat menyediakan air baku sebesar 3500 liter/detik, PLTA 110 MW, pengendalian banjir, dan pariwisata,” jelas Ineu


Menurut Ineu, ketersediaan air harus lebih diperhatikan karena Indonesia memiliki dua musim yaitu penghujan dan kemarau, serta letak geografis yang membedakan sebaran ketersediaan air dan curah hujan, jumlah dan mutu air itu sendiri.


Ia menambahkan, selain fungsi dan manfaatnya waduk Jatigede bagi ketersediaan air, menurutnya bahwa pengembangan wisata Jatigede selalu digaungkan untuk membawa dampak ekonomi yang baik untuk warga.


“Tentu saja, tujuan utama dari pengelolaan sumber daya air seperti di waduk Jatigede adalah upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, perbaikan lingkungan hidup dan peningkatan kesehatan masyarakat yang berupa ketersediaan pangan, pemenuhan air domestik, industri dan pengelolaan kota, semuanya dilakukan melalui digitalisasi dalam rangka efektivitas dan efisiensi,” ujarnya.


(Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini