Khasiat dan Manfaat Buah Artichoke Bagi Kesehatan Tubuh

21 Juni 2023, 13:56 WIB Last Updated 2023-06-21T07:01:37Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM
- Artichoke sebagai salah satu tanaman bernutrisi tinggi dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bahkan, tanaman yang berbentuk seperti bunga ini bisa diekstrak menjadi obat herbal untuk mengatasi penyakit tertentu.


Artichoke sebenarnya merupakan jenis tanaman yang masuk ke dalam kelompok tumbuhan liar. Meski begitu, nutrisi dan manfaat artichoke tidak kalah dibanding sayuran lain. 


Walau bentuknya terlihat rumit, tanaman yang berasal dari kawasan Mediterania ini relatif cukup mudah untuk diolah menjadi hidangan favorit.


Kandungan Nutrisi Artichoke


Berikut adalah berbagai zat mikro dan makro yang ada pada tanaman ini.


- Karbohidrat

- Lemak

- Natrium

- Protein

- Kalium

- Serat

- Vitamin C

- Magnesium

- Asam folat


Baca juga: Obat Herbal Menghilangkan Batu Empedu Secara Alami


Berdasarkan kandungan gizinya ini, berikut adalah berbagai manfaat dari artichoke.


- Berpotensi Menurunkan Tekanan Darah

- Menurunkan Kadar Kolesterol

- Jaga Kesehatan Hati

- Diyakini Sebagai Obat Herbal


Tanaman ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Hal ini tidak diragukan lagi, karena artichoke banyak sekali mengandung nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Apa aja sih?


Asam Folat


Tanaman artichoke mengandung asam folat yang sangat baik bagi tubuh, terutama bagi wanita hamil dan menyusui. Nutrisi yang satu ini membantu dalam menurunkan risiko terjadinya cacat lahir.


Vitamin C


Tanaman artichoke juga mengandung vitamin c, niacinamide, dan mineral baik lainnya seperti magnesium dan tembaga. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan. Selain itu, vitamin C dikenal baik untuk daya tahan tubuh. 


Sumber Serat Baik


Selain asam folat, vitamin C, dan mineral, ternyata tanaman artichoke juga dikenal sebagai sumber serat yang cukup baik. Selain itu tanaman ini dapat membantu meningkatkan energi. Dalam 100 gram dapat menghasilkan energi 145 kJ.


Pengonsumsian artichoke jarang sekali menimbulkan gejala efek samping, terutama jika tanaman ini dikonsumsi dalam bentuk sajian hidangan. Namun pada sebagian orang, konsumsi tanaman ini dapat menimbulkan efek samping. 


Gejala efek samping yang paling umum akibat konsumsi tanaman ini adalah kembung, sakit perut, dan diare. Selain itu, juga dapat menimbulkan gejala efek samping pada orang yang memiliki riwayat alergi dengan artichoke, marigold, dan aster.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini