Pentingnya Bersyukur Menjauhkan dari Sifat Takabur dan Sombong

12 Juni 2023, 16:29 WIB Last Updated 2023-06-12T09:31:04Z
masukkan script iklan disini

 





SINYALBEKASI.COM - Bersyukur adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh semua orang beriman. Ungkapan syukur juga menjauhkan diri dari sifat takabur atau sombong.


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur. Seperti misalnya mengagungkan nama Allah, mengucap hamdalah, melakukan perbuatan yang diridhai, seperti sholat, puasa, dan menunaikan ibadah yang lain.


Syukur sendiri adalah sifat mulia yang harus dimiliki semua muslim dan orang yang beriman, karena bisa membuat kehidupan menjadi lebih tentram.


Bersyukur kadang menjadi hal yang sulit dilakukan. Tak jarang orang masih merasa kurang meski telah diberikan nikmat yang begitu besar dari Allah SWT.


Sering kali sebagai manusia hanya mengingat Allah SWT ketika dalam keadaan susah. Sedangkan dalam keadaan senang sering kali seseorang lupa nikmat dan karunia Allah SWT.


Padahal, nikmat yang Allah karuniakan kepada setiap hamba-Nya tidak terhitung. Mulai dari saat masih di dalam rahim ibu sampai sekarang, nikmat Allah terus mengalir ke dalam kehidupan setiap manusia. Bisa bernapas, kesehatan, makanan, minuman, dan pakaian juga termasuk ke dalam nikmat Allah .


Sebagaimana firman Allah dalam Surat An Nahl ayat 18.


“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya.” (Q.S. an-Nahl [16]: 18).


Bersyukur, sebagai amalan baik dan penting karena dijelaskan dalam Alquran mengenai ayat tentang bersyukur yang harus diyakini dan dipahami oleh umat Islam.


Bersyukur adalah cara berterima kasih kita atas semua nikmat yang Allah SWT berikan kepada seluruh manusia, khususnya kepada umat muslim.


dilansir dari laman resmi idntimes.com surat ibrahim ayat 7 yang mengajarkan tentang bersyukur dan betapa pentingnya bersyukur, jangan sampai terlewat, ya!



1. Surat Ibrahim ayat 7


وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ


Wa iż ta`ażżana rabbukum la`in syakartum la`azīdannakum wa la`ing kafartum inna 'ażābī lasyadīd.


Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”


Dijelaskan pada surat Ibrahim ayat 7 bahwasanya Allah SWT akan menambahkan kenikmatan kepada siapa pun yang bersyukur kepada Allah SWT. Akan tetapi apabila kamu lupa akan nikmat-Nya, lupa akan bersyukur, maka Allah SWT akan mencabut nikmat tersebut dan melakukan perhitungan di akhirat.


Syukur Adalah Sifat Orang Beriman

Rasulullah ` bersabda, “Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mu’min sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar, dan itu baik baginya” (H.R. Muslim no.7692).



(Maulana)

Komentar

Tampilkan

Terkini