Teman Munafik Bukan Teman Sejati, Waspada dan Jangan Dipercaya.!

02 Juni 2023, 16:17 WIB Last Updated 2023-06-11T18:27:36Z
masukkan script iklan disini


SINYALBEKASI.COM
- Tampa kita sadari teman yang baik dapat memberikan manfaat dan keuntungan besar pada kita. Dan sebaliknya, teman yang mempunyai sifat buruk dapat membawa kerugian pada diri kita. 


Salah satu jenis teman yang buruk dan sebaiknya kita hindari adalah teman yang mempunyai sifat Munafik. Dalam Islam di salah satu hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


“Di antara tanda orang munafik itu munafik ada tiga: 1. jika berbicara, dusta, 2. jika berjanji, tidak di tepati, 3. jika diberi amanat, ia khianat.” (HR. Muslim).


Memiliki teman sejati tidak semudah yang kita duga. Terkadang kita mengartikan teman yang sudah lama sebagai sahabat, namun ternyata seberapa lama kita berteman tidak menentukan apakah seseorang bisa dianggap sahabat yang baik.


Masih belum jelas teman yang sejati itu seperti apa, tapi yang jelas kita bisa mengetahui seperti apa teman palsu. Kita perlu berhati-hati dalam hal pertemanan, karena tali pertemanan bisa membuat kita tersandung jatuh dan terpuruk.


Jadi jangan sampai kamu tertipu, mengutip dari laman riliv.co Ciri-ciri Teman Munafik, yang bisa kita Waspadai..!


1. Sifat temanmu berubah saat ada orang lain disekitar


Ciri yang jelas dari teman yang munafik adalah temanmu yang memperlakukanmu secara berbeda tergantung pada siapa yang ada di sekitarnya. Apakah dia baik padamu sama seperti saat kamu sendirian, atau temanmu menjadi orang yang berbeda?


jika demikian, temanmu bukanlah teman sejati. Teman sejati tidak malu memperlakukan temannya dengan kebaikan. Dia tentu tidak akan takut untuk mengakui bahwa kamu adalah temannya.


2. Teman munafik akan menghilang ketika ada seseorang lebih menarik muncul


Kamu tidak pernah tau kapan temanmu akan membuangmu untuk orang lain. Teman munafik jarang akan mau diajak keluar contohnya nonton bioskop, ngopi bareng, dll. Dia tidak mau diajak keluar karena dia merasa ada seseorang lebih menarik di bandingkan kamu.


Jika temanmu yang sudah kamu percayai sepenuhnya membuangmu begitu saja dengan alasan apapun, dapat dipastikan dia adalah orang yang tidak dapat kamu taruh kepercayaan sepenuhnya.


3. Dia menginginkan sesuatu darimu


Pernahkah kamu merasakan bahwa temanmu mau berteman denganmu karena dia menginginkan sesuatu? Seperti menginginkan uang, ingin kenal dengan temanmu, barang gratis, tumpangan gratis, dan lain-lain. Jika kamu memang ingin memberikannya ke mereka itu tidak apa-apa, tapi jika dia hanya ingin berteman denganmu karena barang-barang itu, itu adalah sebuah masalah.


4. Teman munafik tidak mau membantumu untuk mencapai tujuanmu


Jika temanmu mendorongmu ke arah yang kamu inginkan, pastinya dia adalah teman yang dapat anda taruh kepercayaan. Sangat sulit untuk mencari teman yang seperti itu. Namun jika temanmu tidak pernah mendorongmu untuk mencapai tujuanmu. 


Atau lebih buruk lagi, temanmu malah menyeretmu jauh dari tujuanmu. Lebih baik kamu tinggalkan saja teman yang seperti itu, karena kamu lebih baik kehilangan teman daripada kehilangan tujuanmu.


5. Dia tidak menerimamu apa adanya


Ciri-ciri teman munafik yang terakhir dan paling mendeskripsikan bahwa temanmu adalah orang yang munafik adalah dia tidak menerimamu apa adanya. Contohnya adalah ketika temanmu mau berteman denganmu karena kamu kaya, tetapi ketika kamu sudah tidak kaya lagi, temanmu meninggalkanmu tanpa alasan.


Ingat, teman yang asli akan tetap ada walaupun anda mengalami perubahan apapun. Berhati-hatilah dalam memilih teman, karena tidak semua teman dapat kamu percayai ya!


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini