10 Jenis Ikan Oscar Terbaik yang Populer Dikalangan Pecinta Ikan Hias

20 Juli 2023, 14:41 WIB Last Updated 2023-07-20T07:50:00Z
masukkan script iklan disini


SINYALBEKASI.COM
- Ikan Oscar mungkin belum atau tidak sepopuler ikan hias lainnya di Indonesia. Ikan dengan nama latin Astronotus Ocellatus ini habitat aslinya adalah di sungai sungai Amerika Utara yaitu Peru, Kolumbia, Ekuador, Brazil, French Guiana dan Amazon.


Ikan Oscar juga dikenal sebagai ikan hias predator. Ikan Oscar cenderung memiliki sifat agresif sehingga pemeliharaannya juga memerlukan tempat khusus. Ikan Oscar juga bisa mencapai besar maksimal 40 cm dengan berat sekitar 3 kg. sedangkan untuk umur hidupnya bisa mencapai 10 tahun.


Sejak zaman dahulu ikan air tawar ini adalah ikan yang paling banyak dipelihara di dalam akuarium karena alasan pemeliharaannya yang mudah dan makanannya juga murah.


Jika anda masih belum paham tentang ikan hias ini maka bisa Anda bisa membayangkannya seperti ikan nila. Tubuh ikan ini memang hampir mirip dengan nila, tapi adalah jenis ikan yang memakan daging atau karnivora.


Jika ingin memeliharanya, maka Anda harus paham terlebih dahulu jenis-jenisnya agar perawatan dari ikan ini dapat dilakukan dengan baik.


Berikut adalah jenis-jenis ikan Oscar terpopuler yang perlu Anda tahu.


1. Tiger Oscar



Tiger Oscar adalah salah satu jenis Oscar yang paling populer. Variasi yang luar biasa ini dapat dibedakan lewat pola di kulit mereka yang menyerupai pola harimau. Biasanya pola ini dekat dengan ekor, tetapi terkadang menutupi seluruh tubuhnya.


Sebagian besar tubuh mereka berwarna hitam dengan pola kemerahan atau oranye terang. Terkadang mereka memiliki garis hitam di ujung tubuh mereka. Kombinasi warna-warni ini membuatnya tampak seperti batu lava hidup yang berenang di akuarium Anda. Sedangkan untuk ukurannya, mereka bisa tumbuh hingga 30-40 cm.


2. Super Red Chili Oscar



Ini adalah tipe ikonik lainnya. Red Oscar dapat diidentifikasi melalui penampilan dua warnanya yang indah. Pewarnaan mereka adalah perpaduan antara warna hitam dan merah yang bagus. Dua warna itu bergabung di sekitar punggung mereka dan transisinya sangat mulus.


Sirip mereka juga akan menjadi hitam seiring waktu. Sama seperti Tiger Oscar, mata mereka memiliki tepi oranye dan sedikit menonjol di atas kepala. Ukurannya standar, yaitu 30-40 cm.


3. Albino Oscar



Yang terakhir dari ketiga jenis Oscar asli adalah Albino Oscar yang hampir seluruhnya putih dengan pengecualian pola yang berbeda-beda. Mereka memiliki semacam kisi-kisi oranye/merah yang saling terkait yang biasanya ditemukan di ujung tubuh.


Kepadatan dan kompleksitas polanya bervariasi dari individu ke individu. Tidak ada yang sama, dan itulah yang membuat spesies ini sangat menarik. Meskipun Anda mungkin pernah mendengar bahwa Albino Oscar tanpa campuran warna dihargai lebih mahal, sangat subjektif dan sulit rasanya untuk menentukan mana yang terlihat paling indah.


4. Variasi persilangan (crossbreed) Blue Oscar



Blue Oscar adalah jenis Oscar yang sangat indah. Tubuhnya hampir seluruhnya ditutupi dengan warna biru yang kontras. Mereka juga memiliki pola pada tubuh mereka, tetapi yang ini sedikit berbeda dengan yang lain.


Pola mereka lebih terlihat seperti sistem saluran yang terhubung yang diisi dengan warna biru cerah alih-alih penampilan seperti terputus-putus. Sisik mereka memiliki garis biru gelap, yang membuat mereka menonjol. Blue Oscar memiliki beberapa variasi sendiri. Semua perbedaan bermuara pada nuansa biru dan struktur polanya.


5. Black Oscar



Cukup simpel namun tetap memukau, ikan Black Oscar adalah salah satu ikan terbaik di luar sana. Warna mereka sebagian besar hitam dengan garis terang melintang di seluruh tubuh mereka. Beberapa spesimen juga bisa memiliki perut yang lebih terang.


Mereka juga dapat memiliki pola yang sama persis seperti Tiger Oscar yang menghiasi sisik mereka. Sekali lagi, polanya bervariasi dari satu ikan ke ikan lainnya. Sirip mereka sepenuhnya hitam dan mata mereka memiliki pinggiran oranye.


6. Florida Oscar



Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Oscar telah berhasil diperkenalkan ke berbagai belahan dunia. Salah satu tempat ini adalah Florida di Amerika Serikat; mereka bahkan sudah memiliki varietas sendiri sekarang!


Jenis ikan oscar cantik, Ikan Florida Oscar terlihat mirip dengan varian Tiger dan mereka juga memiliki pola yang mudah dikenali. Karena ikan ini hidup di alam liar, penampilan mereka sangat dipengaruhi oleh konsistensi dan kualitas makanannya. Di sinilah semua variasi berasal: kualitas air dan makanan yang buruk membuat pewarnaan mereka ikut memburuk seiring waktu.


7. White Oscar



Mirip dengan Albino Oscar, White Oscar telah kehilangan warna oranye ikoniknya dan menyisakan warna merah muda pucat. Warna ini menyatu dengan baik dengan seluruh tubuh mereka dan membuatnya tampak seperti berwarna putih dari kepala hingga ekor. Mereka tampak indah di segala jenis latar belakang dan media, entah itu gelap atau terang.


8. Green Oscar



Jenis ikan oscar cantik Seunik namanya, Green Oscar mungkin adalah yang paling atraktif dari semua tipe. Tubuh mereka sebagian besar berwarna hijau dengan campuran warna-warna lain (terutama hitam dan kuning). Tipe ini memiliki variasi pola dan warna yang berbeda.


Namun biasanya, mereka memiliki sepasang garis hijau gelap di tubuh mereka dan sisik berwarna kuning. Terkadang Anda melihat ikan yang memiliki lingkaran kuning dengan inti gelap di kulitnya. Ini hanyalah salah satu contoh pola unik yang mungkin Anda temukan pada ikan ini.


9. Veil Tail Oscar



Veil Tail Oscar telah menjadi jenis yang terpisah karena ekornya yang panjang dan hampir tembus pandang. Meskipun warnanya bervariasi, sebagian besar ikan ini berwarna hitam dan oranye/kemerahan.


Ekor mereka tertutupi bintik-bintik oranye terang yang mudah dibedakan yang dapat mencapai sejauh kepala mereka. Anda juga akan melihat ikan ini dengan garis-garis oranye membentang di tubuh mereka (sebagai lawan dari titik-titik). Setiap kali mereka mengembangkan ekornya, maka keindahannya akan terpancar.


10. Lemon Oscar



Jika Anda melihat ikan Oscar di toko ikan hias, Anda mungkin akan bingung membedakan ikan Albino Oscar dengan White Oscar. Namun ini tidak akan terjadi pada Lemon Oscar. Seperti namanya, ikan ini memiliki gradien kuning pada tubuh yang sebagian besar berwarna putih.


Beberapa spesimen memiliki pewarnaan kuning yang benar-benar jenuh dan beberapa spesimen lainnya memiliki pola kuning cerah di kulit mereka. Keindahan warnanya tergantung pada seberapa baik mereka dirawat dan bagaimana kondisi air tempat mereka hidup.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini