11 Cara Menghitamkan Rambut Beruban, Hasilnya Permanen!

07 Juli 2023, 23:22 WIB Last Updated 2023-07-07T16:22:56Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM
- Stres yang dirasakan tidak hanya berdampak buruk pada tubuh, tetapi juga bisa memengaruhi kesehatan rambut dan mengubah warnanya menjadi putih.


Stres akan membuat tubuh memproduksi hormon yang akan memengaruhi pigmen pada folikel rambut dan menyebabkan rambut yang tumbuh memutih. Selain stres, usia tua pun juga dapat menjadi penyebabnya.


Jangan khawatir, melangsir dari allthingshair.com cara ini dapat membuat rambut beruban bisa hitam kembali atau sesuai dengan warna asli rambut.


1. Urang-Aring


Minyak yang berasal dari tanaman bernama ilmiah Eclipta alba, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama False Daisy, ternyata terbukti punya banyak manfaat untuk rambut. Daun dari tumbuhan ini punya pewarna hitam alami, yang memang biasa digunakan sejak dulu sebagai cara menghitamkan rambut beruban secara alami dan permanen.


Cara menggunakan minyak urang-aring juga mudah, karena kamu bisa langsung gunakan pada kulit kepala dengan pijatan lembut. Lakukan perawatan minyak urang-aring sebanyak 2 kali dalam seminggu.


2. Castor Oil.


Cara menghilangkan uban secara alami agar tidak tumbuh lagi bisa dengan menggunakan castor oil. Minyak jarak atau castor oil punya kandungan asam lemak esensial dan risinoleat yang dapat menyamarkan uban, sehingga rambut hitam milikmu tampak berkilau dan sehat.


3. Minyak Wijen dan Telur.


Siapa sangka minyak wijen ternyata bisa menjadi bahan alami untuk perawatan rambut beruban. Di dalamnya, terdapat anti-oksidan sesamol dan sesaminol, serta multivitamin, yang dibutuhkan rambut. Untuk memanfaatkannya, kamu bisa mencampurkan minyak wijen dengan telur. Caranya sangat mudah;


- Siapkan sebutir telur dan 2 sdm minyak wijen.

- Aduk rata dan aplikasikan pada seluruh rambut.

- Diamkan selama 30-40 menit dan bilas dengan air hangat.

- Gunakan 2 kali seminggu untuk hasil terbaik.


Setelah menggunakan perawatan DIY, jangan lupa untuk keramas dengan bersih agar tak ada sisa minyak yang tertinggal. 


4. Minyak Kemiri.


Selain untuk menyuburkan, minyak kemiri bisa membuat rambut tampak lebih hitam, berkilau, dan tebal. Kemiri mengandung vitamin E, Omega-6, dan Omega-9 yang kaya akan anti-oksidan serta memberi nutrisi ekstra pada akar rambut.


Jika rutin dipakai, minyak kemiri akan membuat rambut hitam tampak subur dan berkilau alami. Bagus juga sebagai cara menghitamkan rambut beruban secara alami dan permanen! Gunakan langsung pada kulit kepala tanpa campuran apa pun.


- Tuangkan sekitar 1-2 sdm ke telapak tangan.

- Baurkan ke seluruh kulit kepala dan rambut.

- Diamkan selama 1-2 jam sebelum keramas.

- Lakukan 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.


5. Minyak Kelapa.


Minyak kelapa punya kandungan asam lemak, Vitamin E dan anti-oksidan yang bagus untuk regenerasi sel dan meningkatkan kolagen. Sehingga bisa memberi asupan nutrisi pada rambut untuk mengatasi rambut beruban.


Karena itu, masukkan perawatan minyak kelapa pada hair care routine-mu sehari-hari. Cukup oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut sebelum keramas menggunakan shampoo.


6. Lidah Buaya.


Lidah buaya mengandung anti-oksidan yang dibutuhkan rambut beruban agar kembali sehat. Kamu bisa menggunakan gel aloe vera langsung pada kulit kepala. Lakukan seminggu sekali agar rambutmu tampak semakin hitam dan berkilau.


Jika ingin coba membuat masker rambut dari lidah buaya asli, pilih daun lidah buaya yang dagingnya tebal. Potong-potong dan hancurkan sampai teksturnya halus. Tak perlu dicuci atau dibilas, karena getah lidah buayalah yang berkhasiat untuk menggelapkan rambutmu secara alami.


7. Daun Bunga Sepatu.


Tahukah kamu? Daun bunga sepatu mengandung pigmen alami, anti-oksidan, dan vitamin yang bagus untuk menghitamkan rambut beruban. Kamu bisa menggunakan daun bunga sepatu yang dikeringkan dan menjadi bubuk atau mencampurkannya bersama bahan lainnya, misalnya daun kari.


Kamu cukup menyiapkan segenggam daun bunga sepatu, segenggam daun kari, dan 1 sdm minyak kelapa. Daun kari dikenal bagus untuk mencegah uban dan menjadikan warna rambut lebih berkilau. Cara mengaplikasikannya cukup mudah;


- Hancurkan daun kari hingga lumat, lalu campurkan minyak kelapa.

- Aduk hingga rata dan oleskan campuran ini langsung pada rambut kering.

- Ratakan dan pijat kulit kepala sekitar 5 menit.

- Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas hingga bersih.


8. Daun Jambu Biji.


Ada vitamin C dan anti-oksidan di dalam daun jambu biji, jadi kamu bisa memanfaatkannya untuk menghitamkan rambut beruban. Rutin membilas rambut dengan air jambu biji bisa menghaluskan folikel atau permukaan batang rambut, sehingga rambut yang kusam perlahan kembali menunjukkan kilaunya. Rambut juga terasa lebih halus dan gampang diatur!


9. Kulit Kentang.


Banyak yang belum tahu kalau kulit kentang bisa menjadi salah satu cara menghitamkan rambut beruban secara alami dan permanen. Kulit kentang mengandung protein, vitamin A, B, dan C, magnesium, niacin, dan anti-oksidan dalam enzim polifenol. Kombinasi ini yang bisa membantu menggelapkan rambut.


Kamu bisa menggunakan air rebusan kulit kentang untuk mendapatkan manfaat ini. Caranya cukup mudah;


- Kupas 6 kentang dan kumpulkan kulitnya.

- Rebus air secukupnya sekitar 5 menit, lalu masukkan kulit kentang dan diamkan selama 30 menit.

- Saring air rebusan dan gunakan untuk membilas rambut saat keramas.

- Pijat kulit kepalamu dengan lembut. Atau, simpan air rebusan ini ke dalam botol spray agar lebih praktis.


10. Kopi.


Sama seperti henna yang berasal dari tumbuhan, hasil dari kopi cenderung temporer. Bahkan mungkin cuma bertahan setelah 3 kali keramas. Kamu bisa mencoba teknik co-washing, untuk membuat warnanya tetap awet. Agar rambut berubanmu tetap hitam, kami sarankan untuk rutin melakukan hal ini tiap minggu. Ikuti cara berikut untuk menggunakannya.


- Seduh 4 sdm kopi pilihanmu dengan air hingga larut.

- Diamkan hingga dingin dalam suhu ruangan.

- Saring ampasnya dan campurkan dengan 2 sdm conditioner.

- Keramas seperti biasa menggunakan shampoo, lalu peras hingga tidak ada sisa air pada batang rambut.

- Gunakan campuran conditioner dengan kopi ini sebagai masker, mulai dari akar rambut hingga ke batang dan ujung rambut.

- Jangan lupa untuk memijat kulit kepala agar warnanya lebih menyerap.

- Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam.

- Keramas kembali dengan shampoo hingga rambut bersih.

- Kamu bisa membuat dua kali lipat porsi ini jika rambutmu tebal.


11. Teh Hitam.


Teh hitam punya banyak manfaat, salah satunya bisa memberi rona gelap pada rambut karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain bisa digunakan sebagai cara menghitamkan rambut beruban secara alami dan permanen, kamu juga bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya sangat mudah lho, Hair Bae!


- Rebus secangkir air dengan 2 sdm teh hitam dan 1 sdt garam.

- Tunggu sampai dingin lalu tuangkan pada kulit kepala sambil dipijat.

- Biarkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini