12 Jenis Ikan Arwana Cantik dan Harganya Fantastis

14 Juli 2023, 21:48 WIB Last Updated 2023-07-15T08:47:17Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM
- Ikan arwana merupakan salah satu ikan yang paling populer untuk dipelihara karena memiliki warna yang cantik dan hampir setiap pecinta ikan hias memiliki setidaknya satu jenis ikan Arwana di rumah.


Ikan air tawar dengan nama ilmiah Osteoglossidae ini memiliki berbagai ukuran tergantung pada jenis, tempat asal, dan lingkungan hidupnya.


Ada begitu banyak jenis ikan arwana di dunia, namun beberapa jenis yang bisa dipelihara berasal dari Asia, Amerika Selatan, Australia, hingga Afrika. Di wilayah Indonesia sendiri, jenis ikan arwana banyak ditemukan di daerah Papua dan Kalimantan.


Baca juga: 12 Jenis Ikan KOI Dengan Harga Jual Tinggi


Jika anda tertarik untuk membeli dan memelihara ikan tersebut, simak 12 Jenis Ikan Arwana ini yang Sinyal Bekasi lansir dari laman resmi rupa-rupa.com.


1. Ikan Arwana Brazil


Sumber foto: Wikimedia Commons/Хомелка


Ikan arwana brazil termasuk ke jenis yang paling populer di wilayah Nusantara karena sisik silvernya yang cantik.


Uniknya, ikan ini punya kemampuan untuk melompat tinggi di udara saat menangkap mangsanya, yaitu serangga. Ikan ini dijual dengan kisaran harga Rp2 juta.


2. Ikan Arwana Banjar


Sumber foto: Flickr


Ikan satu ini punya nama julukan banjar red arowana, meskipun tidak tampak berwarna merah. Malahan, ikan ini memiliki sirip berwarna oranye dengan ekor kekuningan. Jenis ikan arwana Banjar bisa mencapai 90 cm dan dijual dengan harga Rp2 jutaan.


3. Ikan Arwana Red Tail Golden


Sumber foto: Wikimedia Commons/Ginkgo100


Hewan air tawar asli Indonesia yang langka dan memiliki sifat natural agresif ini memiliki harga Rp4,5 jutaan. Bila bicara soal ukuran tubuh, ikan ini dapat bertumbuh besar sampai 90 cm kalau sudah dewasa.


Jenis ikan arwana red tail golden berasal dari daerah Riau, Pekanbaru, serta wilayah Sumatera lainnya dengan warna sirip biru, hijau, dan keemasan.


4. Ikan Arwana Super Red 


Sumber foto: Nakama Aquatics


Sesuai namanya, ikan hias arwana super red memiliki tubuh berwarna merah yang atraktif. Ikan ini berasal dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum, yang berada di Kalimantan Barat. Soalnya, kedua wilayah tersebut memang terkenal sebagai habitatnya.


Umumnya, ikan jenis ini terbagi ke 4 warna, yaitu merah darah (blood red), merah cabai (chili red), merah orange (orange red), dan merah emas (golden red). Ikan ini dijual dengan harga mulai dari Rp2 jutaan hingga Rp48 juta, tergantung varietasnya. 


5. Arwana Black Golden


Source foto: Green Lake


Ikan arwana black gorden terbilang sebagai jenis ikan hias yang sangat mahal, yaitu sekitar Rp18 jutaan. Soalnya, ikan ini sangat langka dan sulit ditemukan, termasuk pada tempat tinggalnya yang berada di daerah rawa di Penang, Malaysia.


Selain langka, ikan ini juga memiliki perpaduan warna sisik yang cantik, yaitu emas dan hitam. 


6. Jenis Ikan Arwana Platinum


Sumber foto: Ikanesia


Jenis ikan arwana lainnya adalah platinum, yang memiliki tekstur sisik halus. Untuk memilikinya, kamu harus siap-siap merogoh kocek hingga Rp6 milyar rupiah per ekornya. Fantastis, bukan?


7. Arwana Crossback Golden


Sumber: Mega Arowana Fishery


Jenis ikan hias langka cross back golden memiliki banyak nama, seperti taiping golden, pahang golden, malayan bonytongue, serta malaysian gold. Biasanya, ikan ini memiliki warna emas yang mencolok pada bagian punggungnya.


Ikan ini juga berasal dari Malaysia, seperti danau Bukit Merah, Perak, Terengganu, dan Johor. Biasanya, ikan ini dijual dengan harga sekitar Rp18 jutaan.


8. Jenis Ikan Arwana Jardini


Sumber foto: Wikimedia Commons/Viktor Kravtchenko


Ikan yang berasal dari Australia dan Papua ini memiliki nama lain jardini arowana. Tubuhnya berwarna kuning keemasan dengan berat mencapai 17 kg dan panjang sekitar 90 cm.


Jika dibandingkan dengan jenis arwana lainnya, ikan ini memiliki palet yang lebih lembut. Ikan Arwana Jardini dijual dengan harga sekitar Rp4 jutaan.


9. Jenis Ikan Arwana Hijau


Sumber foto: Kementerian Kelautan dan Perikanan


Ikan arwana hijau memiliki ukuran kepala yang lebih besar daripada jenis arwana lainnya. Ikan yang disebut golden pino ini berasal dari berbagai negara di Asia, seperti Kamboja, Malaysia, Myanmar, dan Indonesia.


Dikarenakan kecantikannya, harga ikan arwana hijau ini bisa mencapai Rp4 jutaan.


10. Arwana Batik


Sumber foto: Fatasama


Ikan yang hadir dengan corak tubuh mirip dengan kain batik ini memiliki kulit berwarna perunggu yang dominan dengan perpaduan warna silver. Cantik, bukan?


Tidak heran bila ikan ini sangat populer dan harganya cukup mahal, yaitu mencapai Rp50 jutaan.


11. Black Arwana


Sumber foto: CJ Aquatic


Ikan ini masih satu saudara dengan silver arwana. Namun, perbedaannya terletak pada bagian ekornya yang berwarna hitam. Harga ikan arwana jenis black ini sekitar Rp2,5 hingga Rp5 jutaan rupiah.


12. Arapaima


Sumber foto: Google Image


Arapaima termasuk jenis ikan arwana terbesar di dunia karena panjangnya mencapai 3 meter dengan berat 200 kg. Ikan ini masuk dalam kategori hewan langka yang hanya ada di Sungai Essequibo dan Sungai Amazon.


Saat sungai mulai kering, hewan ini akan menggulungkan diri membentuk bola dan membenamkan dirinya ke dalam lubang sampai air kembali datang. Ikan ini dijual dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini