12 Jenis Ikan Cupang Terindah Dengan Harga Mahal

15 Juli 2023, 15:46 WIB Last Updated 2023-07-15T09:05:12Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM
- Penasaran dengan ikan cupang termahal yang harganya bisa sama dengan harga satu sepeda motor.


Jenis Ikan Cupang Termahal ada kurang lebih 52 jenis ikan cupang di Indonesia, ternyata ada beberapa jenis ikan cupang juga yang dapat dibanderol dengan harga hingga jutaan rupiah.


Harga yang fantastik ini, biasanya dipengaruhi oleh kredibilitas ikan cupang yang sudah menang di berbagai kompetisi ikan hias dengan bentuk tubuh yang unik maupun warnanya yang eksotis. Lantas, apa saja jenis ikan cupang yang mempunyai harga termahal?


Yuk simak, ulasan berikut ini.! 


1. Ikan Cupang Fancy


https://gdm.id/


Ikan cupang fancy mempunyai warna yang unik dan disertai dengan garis tunggal pada bagian tubuh depan yang membentuk layaknya tiga dimensi. Kombinasi warna pada sirip dan tubuhnya akan tampak seperti bergerak saat sedang berenang.


Ikan yang memiliki warna ekor yang cantik nan anggun ini juga dapat dijadikan sebagai petarung handal. Di Indonesia, ikan cupang fancy dibanderol dengan harga Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Meski demikian, pada suatu acara lelang online di Thailand, salah satu ikan jenis ini berhasil terjual dengan harga yang cukup fantastis, yakni Rp10.000.000.


2. Ikan Cupang Double Tail


https://borobudurnews.com/


Ciri khas unik yang dimiliki oleh ikan cupang double tail ini ialah bentuk ekornya yang terbelah menjadi dua dan gradasi warna berbeda yang terlihat seperti sembur. Mempunyai banyak penggemar, ikan cupang jenis ini dapat dikatakan cukup langka.



Hal tersebutlah yang berhasil membuat harga dari ikan cupang jenis ini menjadi cukup mahal. Ikan cupang double tail ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp50.000,- hingga Rp2.000.000,-


3. Ikan Cupang Halfmoon


https://gdm.id/


Ikan cupang jenis halfmoon dikatakan berasal dari negara Thailand. Jenis ikan cupang ini mempunyai berbagai varian warna yang cantik, seperti merah menyala dan kuning. Ikan cupang halfmoon mempunyai sirip yang lebar dan ekor yang indah.


Baca juga: 12 Jenis Ikan Arwana Cantik dan Harganya Fantastis


Ikan halfmoon betina mempunyai warna yang lebih cerah bila dibandingkan dengan yang jantan. Selain itu, sirip yang dimiliki oleh halfmoon betina tampak lebih lebar daripada halfmoon jantan. Ikan jenis ini dibanderol mulai dari harga Rp3.000.000,- dan dapat menyentuh hingga Rp20.000.000.


4. Ikan Cupang Kanchen Worachai


https://gaya.tempo.co/


Ikan cupang jenis kanchen worachai disebut sebagai ikan cupang yang palinh mahal karena mempunyai harga mencapai hingga Rp22.000.000,- Kancen worachai mempunyai warna yang mirip layaknya bendera negara Thailand.


Ikan cupang jenis ini diberi nama oleh pemiliknya sebagai Kancen Worachai yang adalah salah satu daerah atau kota yang terdapat di Negeri Gajah Putih alias Thailand.


5. Ikan Cupang Crowntail


pixabay.com/ivabalk


Ikan cupang jenis crowntail termasuk dalam salah satu jenis ikan cupang yang cukup langka. Ikan cupang satu ini mempunyai ekor yang panjang menyerupai rambut yang sensitif. Ekor panjang inilah yang membuat cupang crowntail membutuhkan perawatan yang ekstra.


Ikan cupang crowntail merupakan salah satu ikan cupang termahal yang mempunyai kisaran harga mulai dari Rp7.000.000,- dan dapat menyentuh hingga Rp21.000.000,-.


6. Ikan Cupang Plakat


https://gdm.id/


Nama ikan cupang plakat berasal dari negara Thailand serta diberi nama yang berasal dari istilah negara asalnya yang memiliki arti tarung, pertarungan atau laga. Ikan cupang jenis ini mempunyai ekor dan sirip pendek dan mempunyai tubuh yang besar.


Disertai dengan warna yang anggun, ikan ini dapat menjadi sangat menakutkan ketika berada di arena pertarungan ikan cupang. Ikan ini dapat dibanderol dengan harga sekitar Rp59.000,- hingga Rp2.000.000.-


Baca juga: 12 Jenis Ikan KOI Dengan Harga Jual Tinggi


7. Ikan Cupang Nemo




Jenis ikan cupang nemo termasuk dalam salah satu jenis ikan cupang yang dapat dikatakan cukup langka. Ikan cupang nemo mempunyai ukuran tubuh yang kecil serta memiliki karakteristik warna yang mencolok layaknya ikan badut. Ikan cupang jenis ini biasa dibanderol mulai harga Rp40.000,- hingga Rp400.000,- untuk satu ekornya.


8. Ikan Cupang Slayer


https://mediatani.co/


Ikan cupang jenis slayer merupakan spesies ikan hasil persilangan antara cupang half moon dengan cupang serit. Ikan jenis ini mempunyai karakteristik yang unik dan disertai dengan ukuran siripnya yang lebar dan lembut seperti cupang half moon serta bentuk tubuh yang ramping layaknya cupang serit.


Ikan cupang slayer dewasa biasa dibanderol pada kisaran harga Rp250.000,- sampai dengan Rp300.000,- untuk satu ekornya.


9. Ikan Cupang Black Samurai


https://bettaid.com/


Selanjutnya, ada ikan cupang jenis black samurai yang mempunyai harga yang mahal sekaligus cukup langka untuk ditemui. Ikan yang memiliki nama lain black mamba ini memiliki warna hitam pekat dan disertai dengan corak terang.


Grameds dapat menemukan ikan cupang black samurai di pasaran dengan kisaran harga mulai dari Rp100.000,- hingga Rp350.000,-


Baca juga: 23 Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Laut yang Dapat Dipelihara Serta Bermanfaat Bagi Kesehatan


10. Ikan Cupang Giant


Satria Atmaja/Jawa Pos


Ikan cupang giant juga adalah hasil perkawinan silang dari ikan cupang jenis plakat dengan jenis ikan cupang yang lainnya. Ikan cupang jenis ini dapat mencapai ukuran terbesarnya, yakni 12cm. Ada berbagai jenis ikan cupang giant, seperti double tail giant dan crown tail giant.



Ikan cupang jenis ini dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp250.000,- sampai dengan Rp400.000,- untuk satu ekornya.


11. Ikan Cupang Koi


https://gdm.id/


Ikan cupang koi mempunyai warna yang terbatas seperti hitam, putih, merah, putih, dan oranye. Ikan cupang koi mempunyai sirip yang lebar dan bulat sehingga membuatnya memiliki harga jual yang cukup mahal. Ikan ini dapat ditemukan di pasaran dengan kisaran harga Rp150.000,- hingga Rp 300.000,- untuk satu ekornya sesuai dengan ukuran dan umurnya.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini