12 Jenis Ikan Discus Dengan Tampilan Warna yang Menawan

16 Juli 2023, 05:41 WIB Last Updated 2023-07-15T23:07:51Z
masukkan script iklan disini


SINYALBEKASI.COM - Popularitas ikan discus seperti tidak dimakan oleh zaman. Walau banyak jenis ikan silih berganti menjadi tren, nama discus masih tetap memiliki tempat di hati para penghobi ikan. 

Warnanya yang indah serta karakternya yang cinta damai membuat discus masih tetap memiliki magnet sampai detik ini.


Untuk diketahui, ikan ini cukup dicari banyak orang dalam proses budidaya ikan hias, mengingat harganya terjangkau dan proses perawatannya yang mudah.


Meski demikian, ikan ini merupakan jenis omnivora atau pemakan segala. Dalam beberapa waktu belakangan, ikan ini pun juga kian diminati oleh banyak orang untuk dikoleksi selain ikan cupang. 


Ikan discus memulai hidupnya dengan ukuran sangat kecil, sekitar 1-2 inci (2,5-5 cm) panjangnya. Meskipun mereka tidak terlalu panjang, Anda harus ingat bahwa ikan discus cenderung sama tinggi dan panjangnya, memberi mereka penampilan yang lebih mencolok dan membutuhkan lebih banyak ruang di akuarium Anda.


Melansir dari ruparupa.com beragam jenis ikan discus yang berwarna-warni indah lengkap beserta gambarnya, simak ulasan berikut ini.!


1. Jenis Ikan Red Discus


sumber: piqsels.com


Heckel Discus, atau Symphysodon discus, adalah ikan asli dari wilayah tengah / timur Amazon, berasal dari Rio Negro di Brasil. Spesies ini mudah dibedakan dari spesies lainnya. Tubuhnya memiliki sembilan batang yang melintang secara vertikal di seluruh tubuh, batang pertama, kelima, dan kesembilan lebih tebal dibandingkan dengan yang ditunjukkan oleh spesies lain.


Garis pertama ini berada secara vertikal melalui mata dan yang kesembilan melalui sirip ekor. Sedangkan, garis kelima dan paling menonjol membentang vertikal di tengah tubuh. Garis ini terlihat lebih lebar daripada garis-garis lain pada spesies dewasa.


2. Jenis Ikan Brown Discus


sumber: commons.wikimedia.org


Discus coklat atau Symphysodon aequifasciatus axelrodi, pernah menjadi salah satu jenis ikan discus yang paling populer karena lebih mudah dipelihara dibandingkan dengan varian discus lain di akuarium rumah.


Ikan ini memiliki warna yang bervariasi dari coklat muda hingga coklat kemerahan seperti karat. Seperti semua discus, discus coklat memiliki serangkaian garis vertikal di seluruh tubuhnya dan garis-garis ini paling terlihat di sekitar sirip.


Baca juga: 12 Jenis Ikan Arwana Cantik dan Harganya Fantastis

Baca juga: 12 Jenis Ikan KOI Dengan Harga Jual Tinggi


3. Jenis Ikan Green Discus


sumber: upload.wikimedia.org


Symphysodon aequifasciatus aequifasciatus, atau discus hijau. Kelompok ikan discus ini menampilkan berbagai macam warna mulai dari hijau pekat hingga kuning kehijauan hingga coklat.


Meskipun mereka menampilkan berbagai macam warna, intensitas warnanya seringkali agak hambar. Di aquarium rumah, ikan ini bisa sangat sulit dipelihara karena persyaratan khusus mereka untuk kondisi air.


4. Jenis Ikan Red Turquoise Discus


sumber: commons.wikimedia.org


Discus merah turquoise memiliki warna dasar merah darah cerah yang dipecah oleh garis biru metalik, coretan dan bintik-bintik. Kontras antara kedua warna ini sungguh menakjubkan. Spesies ini memiliki striping vertikal khas S. aequifasciatus.


5. Brilliant Turquoise Discus


sumber: YouTube


Varietas ini mirip dengan turquoise merah, tetapi alih-alih memiliki warna dasar merah metalik yang cerah, warna dasarnya lebih dari oranye matahari terbenam. Striping turquoise sangat dominan dan menutupi sebagian besar tubuh mereka. Mereka memiliki garis vertikal yang terlihat, tetapi sangat samar.


6. Jenis Ikan Pigeon Blood Discus


sumber: commons.wikimedia.org


Pertama kali dibesarkan di Thailand pada 1980-an, jenis discus ini dinamai dengan mata merah gelapnya, yang dikatakan menyerupai rubi ” darah merpati ” yang populer di wilayah tersebut.


Varietas ini memiliki warna dasar yaitu warna oranye terang, seperti krem. Di atas ini adalah pola sarang lebah berwarna merah cerah yang menutupi seluruh tubuh mereka. Garis vertikal mereka tidak terlalu terlihat dan mereka biasanya memiliki ekor hitam.


Baca juga: 23 Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Laut yang Dapat Dipelihara Serta Bermanfaat Bagi Kesehatan

Baca juga: 12 Jenis Ikan Cupang Terindah Dengan Harga Mahal


7. Jenis Ikan Cobalt Discus


sumber: commons.wikimedia.org


Tubuh mereka memiliki warna biru royal tanpa garis vertikal. Seluruh tubuh mereka memiliki kilap logam. Saat mereka sedang bergerak di aquarium, cahaya memantul dari tubuh mereka, menghasilkan pemandangan yang indah pada aquarium kalian. 


8. Blue Diamond Discus


sumber: snappygoat.com


Discus ini adalah ikan berwarna solid lainnya, mirip dengan kobalt. Tapi, bukannya biru metalik, tapi itu biru bubuk. Warnanya kontras antara mata merah cerah dan biru bubuk.


Baca juga: Jenis Ikan Mas Koki Paling Cantik di Indonesia


9. Ring Leopard Discus


upload.wikimedia.org


Ikan ini adalah beberapa varietas yang lebih mahal yang tersedia untuk dijual saat ini. Coraknya terlihat seperti motif macan tutul karena memiliki bintik bulat besar yang menunjukkan warna dasar di tengahnya. Mereka memiliki sembilan garis vertikal yang sangat samar.


10. Marlboro Red Discus


sumber: commons.wikimedia.org


Mereka berwarna merah darah cerah dan sebagian besar memiliki ekor hitam. Ada beberapa variasi: merah solid, merah dengan muka putih, merah dengan muka kuning, merah dengan bercak kecil garis biru pada punggung dan sirip dubur.


11. Tangerine Discus


sumber: YouTube


Ikan discus ini memiliki warna orange solid, mirip dengan warna krem yang merupakan warna dasar dari cakram darah merpati.


12. Checkerboard Discus


sumber: commons.wikimedia.org


Varietas ini memiliki tanda merah di atas warna dasar putih atau biru kehijauan. Pola ini menyerupai papan catur, tetapi garis-garis itu sama sekali bukan kuadrat sempurna dari papan catur yang sebenarnya.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini