12 Jenis Ikan KOI Dengan Harga Jual Tinggi

15 Juli 2023, 02:04 WIB Last Updated 2023-07-15T08:46:53Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM
- Jenis ikan koi memang sangatlah beragam. Mulai dari ikan koi jenis chagoi yang punya kombinasi corak warna abu dan lapisan kuning, sampai dengan ikan koi shiro utsuri yang punya corak warna hitam putih.


Ternyata, corak ikan koi yang variatif itu punya arti dan keunikannya sendiri lho. Selain itu, corak tersebut juga mempengaruhi harga jual dari ikan koi. Semakin unik corak yang dimiliki, maka harga jual pun akan semakin naik.


Perlu diketahui, ikan koi juga dikenal sebagai Nishikigoi, yang merupakan bahasa Jepang untuk ikan mas bermotif, karena merupakan spesies dari keluarga ikan mas. Nama ilmiah ikan koi adalah Cyprinus rubrofuscus.


Meskipun orang Jepang yang mulai membudidayakan ikan ini untuk kecantikannya pada pertengahan 1800-an, ikan koi diyakini berasal dari Tiongkok.


Baca juga: 12 Jenis Ikan Arwana Cantik dan Harganya Fantastis


Ada banyak jenis ikan koi yang paling populer dan dapat menjadi hewan peliharaan di kolam ikan di pekarangan rumah, dilansir dari ruparupa.com 12 Jenis Ikan Koi Beserta Harga, berikut beberapa di antaranya.


1. Chagoi Fish


Sumber foto: id.pinterest.com


Ikan koi chagoi merupakan jenis ikan koi dengan harga yang paling murah. Ciri khas ikan chagoi adalah perpaduan warna abu-abu dengan lapisan warna kuning keemasan yang tipis tanpa corak unik.


Ikan jenis ini dibandrol dengan harga Rp200 ribu-Rp400 ribu.


2. Ikan Koi Tancho



Ikan koi Tanco biasanya memiliki warna dasar putih dan terdapat buletan jingga pada bagian kepalanya. Ikan koi yang unik ini dibandrol seharga Rp700 ribu- Rp1 juta.


3. Ikan Koi Shiro Utsuri


Sumber: flickr.com


Dari warnanya saja sudah terlihat ciri khas dari ikan koi ini adalah  putih pada badannya dan terdapat bercak-bercak hitam. Ikan koi shiro utsuri ini dibandrol seharga Rp700 ribu- Rp800 ribu.


4. Ikan Koi Ki Utsuri


Sumber: koiaqua.de


Ikan koi ini memiliki ciri khas warna dasar tubuh yang jingga kekuningan dan terdapat bercak hitam. Ikan koi Ki Utsuri dibandrol seharga Rp850 ribu-Rp900 ribu.


5. Ikan Koi Kumpay Slayer


Sumber: giobelkoicenter.com


Kumpay slayer disebut juga sebagai koi butterfly. Hal ini dikarenakan siripnya yang panjang dan indah seperti kupu -kupu.


Tak heran jika koi butterfly tergolong paling mahal, yang bisa Anda dapatkan seharga Rp1,5 juta-Rp2 juta.


6. Ikan Koi Ochiba Shigure


Sumber: i.pinimg.com


Ikan koi ochiba shigure memiliki ciri khas warna dasar putih yang pucat, dipadukan dengan corak berwarna jingga pucat atau pias. Harga koi yang satu ini Rp200 ribu – Rp300 ribu.


7. Ikan Koi Kumonryu


Sumber: yoshikigoi.com


Ikan kumonryu memiliki ciri khas warna dasar putih dan bercorak hitam pada tubuhnya, tampak misterius. Harga ikan jenis ini Rp600 ribu-Rp700 ribu.


8. Ikan Koi Shusui


Sumber: id.pinterest.com


Ikan koi shusui memiliki corak yang sangat unik dengan ciri khas  berwarna hitam sepanjang punggungnya, yang membentuk seperti tulang punggung. Harga ikan koi shusui berkisar Rp400 ribu-Rp500 ribu.


9. Ikan Koi Geromo



Ikan koi jenis goromo adalah hasil persilangan koi kohaku dan koi asagi. Ciri khas yang paling menonjoladalah corak 4 warna, yaitu indigo, hitam, jingga, dan ungu. Harga ikan ini Rp450 ribu-Rp700 ribu.


10. Ikan Koi Ogon



Ikan koi ogan memiliki warna yang paling langka, yaitu putih keemasan. Walaupun hanya 1 warna, ikan jenis ini termasuk mahal, loh. Harganya berkisar Rp1,5 juta – Rp1,6 juta.


11. Ikan Koi Asagi



Corak silver kebiruan yang mendominasi tubuh ikan koi ini, membuat harganya jadi mahal , yaitu mencapai Rp1,1 juta hingga Rp1,5 juta.


12. Ikan Koi Showa Sanshoku


Sumber: i1.wp.com


Ikan koi jenis showa sanshoku memiliki keistimewaan corak yang sangat indah dan saling bersinggungan. Corak hitam dan merah pada koi menyerupai marmer. Harga koi yang satu ini berkisar Rp1 jutaan.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini