19 Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium yang Mudah Dipelihara

24 Juli 2023, 11:34 WIB Last Updated 2023-07-24T04:34:26Z
masukkan script iklan disini


SINYALBEKASI.COM
- Banyak sekali orang-orang yang senang untuk memelihara ikan hias terutama ikan hias air tawar, mulai dari ikan hias yang berukuran kecil hingga ikan hias yang berukuran besar. 


Bagi sebagian orang memelihara ikan hias sudah dijadikan sebuah hobi untuk mengisi waktu kosong di rumah. 


Selain memiliki banyak jenis yang cantik, memelihara ikan bisa membuat suasana rumah Anda menjadi lebih segar dan bisa membantu Anda untuk me-refresh pikiran. 


Oleh karena itu, berikut jenis ikan hias cantik yang mudah untuk Anda pelihara di rumah, dilansir dari berbagai sumber.


Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar


Ada beberapa jenis ikan air tawar yang tergolong mudah untuk dipelihara. Selain tidak mudah mati, jenis-jenis yang akan dibahas di bawah ini dikenal dengan julukan "cinta damai" yang bisa dicampur dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Adapun ikan hias air tawar yang bisa Anda pilih untuk dipelihara adalah sebagai berikut ini:


1. Ikan Koi


Ikan koi termasuk jenis ikan yang paling banyak dipilih untuk dipelihara. Ikan koi adalah jenis ikan hias air tawar yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini cukup mudah dipelihara dan mudah mati.


Namun, biasanya ikan koi dipelihara di dalam kolam. Karena ikan ini bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar dengan ciri khas warna-warnanya yang cantik. Ikan hias ini mulai berkembang di Jepang sejak 1920-an dan masih eksis hingga saat ini.


2. Ikan Cupang


Ikan cupang adalah salah satu ikan hias air tawar yang cocok dipelihara di akuarium karena ukurannya yang kecil. Walaupun begitu, ikan cupang bisa tumbuh hingga sepanjang 12,5 cm. Di Indonesia sendiri, banyak sekali peminat ikan cupang hingga muncul perlombaan ikan cupang.


Penilaian perlombaan ikan cupang dilihat dari kesehatan, kelincahan dan tubuhnya yang sangat indah. Semakin panjang sirip yang mengembang maka penilaian akan semakin tinggi. Ikan hias ini juga cukup unik karena dapat menghirup udara yang tidak berada di daam air dengan menggunakan labirinnya.


3. Ikan Guppy


Ikan guppy berasal dari Amerika Serikat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah dengan nama lain ikan seribu. Ikan hias ini disebut ikan seribu karena populasinya yang sangat banyak. Bahkan hampir di seluruh dunia memiliki ikan jenis ini.


Ikan Guppy merupakan ikan dengan tubuh kecil yang memiliki variasi warna. Bentuk tubuh ikan ini sangat langsing, sirip punggungnya tipis dan sirip ekor melebar yang akan terlihat seperti bendera berkibar saat ikan bergerak.


Ikan hias air tawar ini cukup direkomendasikan bagi Anda yang ingin memelihara ikan hias yang mudah dipelihara. Karena ikan hias ini tidak membutuhkan alat-alat khusus untuk merawatnya. Anda hanya perlu memastikan kebersihan akuarium dan memberinya makan secara teratur.


4. Ikan Mas Koki


Ikan mas koki hampir sama dengan ikan koi. Ikan hias yang berasal dari China ini sudah hadir sejak lama dan banyak digemari oleh orang-orang sebagai hewan peliharaan. Wajar saja, karena bentuk badan dari ikan koi sangat lucu dan menggemaskan.


Ikan ini sangat cocok untuk dipelihara bagi Anda yang tidak ingin ribet merawatnya karena ikan mas koki adalah ikan hias air tawar yang tidak mudah mati. Ikan ini memiliki karakteristik perut buncit dengan warna cerah.


Ketika ikan ini masih kecil, warna ikan mas koki ini biasanya hanya satu warna, yaitu warna abu-abu. Kemudian, ketika beranjak dewasa, ikan mas koki ini akan berubah menjadi warna warni seperti kuning, putih, merah, hitam dan kombinasi warna lainnya.


Ikan mas koki ini sangat populer dan mudah ditemukan. Harganya pun sangat bersahabat, walaupun ada beberapa jenis ikan mas koki yang cukup mahal.


5. Ikan Discus


Ikan discus atau yang bernama lain the king of aquarium ini banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Sehingga ikan hias jenis ini memiliki harga yang melambung tinggi. Ikan ini memiliki karakter badan yang lebar dengan warna atraktif.


Ikan hias satu ini direkomendasikan karena tidak mudah mati. Anda hanya perlu menjaga suhu akuarium di sekitar 28 sampai 31 derajat Celsius, supaya tetap hangat dan memiliki kadar oksigen yang stabil.


Biasanya, corak anakan dari ikan discus ini akan lebih bagus dari induknya. Saat ingin memeliharanya, disarankan untuk memerhatikan kondisi siripnya apakah masih dalam keadaan bagus atau tidak. Jika siripnya rusak, ikan akan dianggap cacat dan harga jualnya menjadi turun.


6. Ikan Louhan


Ikan louhan adalah ikan hias air tawar yang sempat populer di tahun 2001 sampai 2002. Tren ikan hias memang terus berubah dan membuat para masyarakat yang hobi memelihara ikan louhan semakin berkurang. Walaupun begitu, masih ada orang yang memelihara ikan hias ini.


Ikan louhan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh ikan lainnya, yaitu adanya jendolan di bagian kepala ikan. Ikan hias air tawar satu ini adalah jenis ikan yang tidak bisa dicampurkan dengan ikan lainnya karena bisa bertengkar.


7. Ikan Manfish


Ikan manfish adalah ikan hias yang memiliki penampilan fisik lebih khas dibandingkan ikan hias pada umumnya. Ikan ini memiliki tubuh yang mirip dengan anak panah, anggun, lembut dan cantik. Sehingga ikan ini dijuluki sebagai queen of aquarium.


Ikan manfish termasuk dalam keluarga ikan Cichlid. Ikan ini biasanya memakan makanan seperti larva nyamuk, cacing tubifeks atau chironomus. Merawat ikan hias satu ini cukup mudah. Tapi, perhatikan selalu sirip ikan manfish supaya tidak patah.


8. Ikan Platy


Ikan platy adalah ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan hias satu ini memiliki banyak varietas-varietas seperti sunset, simpson, platy cagak, red coral, black tail, hawaii dan yang lainnya. Sementara yang banyak dijual di pasaran adalah ikan platy cagak.


Ikan hias satu ini bertubuh mungil dan memiliki sifat cinta damai. Sehingga banyak orang yang memilih ikan platy untuk dipelihara di akuarium. Ikan ini mudah untuk dipelihara karena cukup mudah beradaptasi dan kebal dari serangan penyakit.


9. Ikan Sapu-Sapu


Ikan sapu-sapu atau yang disebut ikan plecostomus adalah ikan hias air tawar yang tidak mudah mati dan juga unik. Ikan hias ini memiliki pelat lapis baja yang berat di tubuhnya dan mulut yang berbentuk penghisap yang berguna untuk memakan alga di sekitar akuarium.


Karena itu, ikan ini disebut sebagai ikan sapu-sapu karena dianggap bisa membersihkan akuarium. Uniknya, ikan ini bisa hidup selama 20 tahun bahkan lebih jika dirawat dengan benar. Namun, perkembangbiakan ikan ini bisa dikatakan sulit.


10. Ikan Angel Fish


Angel fish adalah anggota keluarga dari cichlid yang juga termasuk ke dalam ikan discus, oscar dan parrot. Ikan ini direkomendasikan untuk menjadi ikan peliharaan karena tidak mudah mati. Ikan kecil ini memiliki tubuh hingga panjang 6 inci dan tinggi 8 inci dengan berbagai warna dan pola.


Ketika dewasa, ikan angel fish bisa sangat agresif terlebih jika tangki akuarium Anda penuh. Tetapi secara umum, ikan hias ini merupakan ikan komunitas yang baik. Disarankan untuk tidak memelihara ikan yang sangat kecil atau spesies penggigit sirip bersamaan dengan angel fish karena dapat merusak siripnya.


11. Ikan Oscar


Ikan Oscar sudah cukup terkenal di kalangan penghobi ikan hias. Ikan hias yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki tubuh pipih ke samping dan sirip punggung yang lebar sampai hampir memenuhi bagian punggung ikan.


Ikan hias oscar dibagi menjadi dua jenis berdasarkan siripnya. Ada ikan oscar sirip panjang dan sirip pendek. Ikan ini memiliki corak batik pada tubuhnya. Menurut warnanya, ikan ini terdapat dua jenis, yaitu ikan oscar coklat dan ikan oscar putih atau albino.


Namun, ikan ini cukup terkenal agresif dan galak. Jadi, jika Anda sedang memberi pakan, sebaiknya hati-hati dan jangan terlalu dekat.


12. Ikan Zebra


Danios Zebra atau yang sering dikenal sebagai ikan zebra adalah jenis ikan hias air tawar yang awet atau tidak mudah mati. Ikan hias ini memiliki warna seperti kulit zebra dengan panjang maksimal 7 cm. Ikan hias satu ini hidup dengan habitat gerombolan.


Jadi, jika Anda ingin memelihara ikan ini, disarankan untuk membeli ikan zebra minimal 5 ekor. Hal ini berguna agar ikan tidak mudah stres. Pastikan Anda juga memasang penutup untuk menghalau ikan hias ini keluar dari akuarium karena ikan zebra cukup mahir melompat.


13. Ikan Lemon


Ikan lemon diberi nama lemon karena warna tubuhnya yang memiliki warna kuning terang seperti buah lemon. Ikan hias ini terlihat sangat cantik dan tentunya awet. Sehingga ikan lemon ini banyak diburu oleh pecinta ikan hias air tawar.


Ikan hias satu ini juga memiliki perpaduan warna hitam pada ujung sirip atas. Sebaiknya Anda tidak mencampurkan ikan ini dengan ikan hias jenis lainnya karena ikan lemon cukup agresif.


14. Ikan Komet


Ikan komet memiliki bentuk yang mirip dengan ikan mas dan ikan mas koki. Ikan ini juga sering disebut sebagai ikan slayer karena bentuk sirip dan ekornya yang tampak seperti slayer. Ikan komet yang memiliki nama latin Carrasius Auratus ini juga memiliki warna yang sangat cantik.


Tubuhnya ramping dengan warna perak mengkilap putih dan merah cerah. Ekor ikan komet ini cukup panjang dan melambai saat ikan berenang. Ikan komet merupakan salah satu ikan hias air tawar yang juga banyak diincar pemburu ikan hias.


15. Ikan Black Ghost


Ikan black ghost memiliki tubuh dan ukuran yang khas juga unik. Ikan ini merupakan salah satu ikan hias yang cukup populer. Tubuhnya dibalut dengan warna hitam polos dan sedikit warna putih pada bagian ekor dan kepala.


Ikan hias ini memiliki perut yang memanjang dan jari-jari sirip yang sangat halus sehingga menyatu dengan badan. Ikan ini tidak memiliki sirip punggung. Uniknya, saat ikan bergerak, siripnya akan terlihat seperti bendera yang sedang berkibar.


16. Ikan Barb Sumatra


Sesuai dengan namanya, ikan hias satu ini berasal dari sungai-sungai yang ada di daerah Sumatera. Banyak juga yang menyebutnya dengan nama ikan Sumatra. Ukuran ikan ini sangat kecil, sekitar 5 cm. Namun, ikan hias ini cukup lincah dan cocok untuk dipelihara.


Dari segi warna, ikan ini terbagi menjadi tiga warna, yakni kuning kecoklatan dengan garis hitam disebut ikan barb asli Sumatera, warna hijau disebut green tiger dan warna putih dengan sebutan albino. Dari ketiga jenis tersebut, ikan green tiger memiliki harga paling tinggi.


17. Ikan Neon Tetra


Ikan Neon Tetra berasal dari Sungai Amazon yang terletak di Amerika Latin. Ikan hias ini memiliki variasi warna biru terang dan putih perak pada tubuhnya yang kecil. Karena sifatnya yang berkoloni, ikan ini akan lebih menarik jika dipelihara dalam jumlah yang banyak, Ikan neon tetra ini bersifat omnivora.


18. Ikan Botia


Terakhir ada ikan botia yang sangat populer di kalangan masyarakat yang hobi memelihara ikan hias di Indonesia baik di luar negeri. Ikan ini merupakan ikan asli dari Indonesia yang berasal dari perairan Sumatera dan Kalimantan.


Budidaya ikan ini masih sangat sedikit karena adanya larangan dari pemerintah yang melarang untuk memperjualbelikan ikan botia lebih dari 15 cm. Sehingga ikan botia ini masih diambil dari habitat aslinya.


Jika terus dibiarkan, populasi ikan ini mungkin akan rusak dan habis. Ikan botia memiliki warna sisik belang berwarna kuning hitam dengan sirip merah agak oranye. Ikan ini tidak suka terkena sinar matahari dan mudah terkejut.


19. Rainbow fish


Rainbow fish merupakan ikan hias air tawar yang cantik dan mudah dipelihara. Selain sebagai penghias akuarium, jenis ikan ini juga banyak dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.


Adapun morfologi dari ikan yang bernama latin melanotaenia boesemani ini antara lain berbentuk pipih dan memiliki mulut yang unik seperti tabung. Rainbow fish merupakan ikan endemic tanah Papua dan dapat ditemukan di Danau Ayamaru dan Danau Sentani serta rawa-rawa air jernih.


Demikian rekomendasi ikan hias air tawar yang bisa dijadikan pertimbangan jika Anda ingin memelihara ikan hias di rumah dengan perawatan yang mudah.

Komentar

Tampilkan

Terkini