22 Jenis Ikan Guppy Terpopuler Bagi Pecinta Ikan Hias

18 Juli 2023, 20:14 WIB Last Updated 2023-07-18T13:37:52Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar



SINYALBEKASI.COM - Di antara banyaknya jenis ikan hias, ikan guppy adalah salah satu jenis ikan yang banyak diminati bagi para pecinta ikan hias. 


Guppy adalah ikan hias air tawar yang juga dikenal dengan nama gupi, ikan cere, ikan celdung, atau suwadakar.


Bagi kamu yang masih awam atau pemula dalam memelihara ikan hias, ikan gupi bisa jadi permulaan karena perawatannya yang sangat mudah.


Fakta bahwa ikan guppy memiliki beragam warna, bentuk, dan pola adalah salah satu alasan mengapa ikan guppy dipelihara di akuarium. 

Ekor mencolok ditemukan pada beberapa guppy hias, warna-warna cerah hadir pada jenis lain, dan desain seperti harimau yang mencolok dapat dilihat pada jenis lainnya.


Ikan guppy dapat bertahan hidup di dalam akuarium selama sekitar dua tahun jika Anda memeliharanya dengan baik.


Dilansir dari gerava.com Jenis ikan guppy Terpopuler Bagi Pecinta Ikan Hias.


Baca juga:

1. 7 Jenis Ikan Palmas si Naga Predator Beserta Harganya

2. Jenis Ikan Sapu Sapu Hias Tercantik Pembersih Aquarium

3. 13 Jenis Ikan Louhan yang Cantik dan Populer

4. 13 Jenis Ikan Discus Dengan Tampilan Warna yang Menawan


1. Poecilia (common/fancy guppy)



Dicirikan oleh penyebaran globalnya yang luas dan popularitasnya di kalangan aquaris, ikan guppy umum ini adalah hewan yang tangguh dan mudah beradaptasi serta berkembang biak. Mereka juga dikenal sebagai rainbowfish dan millionfish karena keanekaragaman dan kecenderungannya untuk berkembang biak dengan cepat dalam jumlah besar.


2. Poecilia wingei (endler guppy)



Juga dikenal sebagai endler’s livebearer dan endler guppy, mereka merupakan kerabat dekat guppy umum sehingga mereka mudah dikawinsilangkan. Oleh karena itu jika Anda ingin menjaga kemurnian masing-masing spesies, Anda tidak boleh membiarkan mereka melakukan hibridisasi.


Ikan endler guppy juga berwarna-warni, mudah dipelihara, dan merupakan ikan damai yang bisa hidup dengan diet omnivora. Berbeda dengan ikan guppy umum, endler guppy jarang tersedia di toko ikan hias.


3.Micropoecilia picta (swamp guppy)



Berbeda dengan dua jenis ikan guppy lainnya, swamp guppy bukanlah ikan air tawar eksklusif; sebagian besar justru dapat ditemukan di rawa-rawa pantai dan rawa-rawa payau (swamp guppy berarti gupi rawa).


Swamp guppy juga disebut scarlet livebearer. Mereka adalah ikan kecil yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Mereka omnivora dan jarang ditemukan di akuarium rumah.


4. Veiltail



Guppy veiltail memiliki ekor yang menyerupai trapesium sama kaki. Ekornya dapat memiliki satu warna atau multi warna, sedangkan polanya seperti warna. Sirip punggung dan sirip perut biasanya memanjang dan mengalir.


5.Triangle-tail



Juga dikenal sebagai delta tail guppy, bentuk ekornya menyerupai segitiga. Guppy triangle-tail memiliki ukuran ekor yang mengesankan yang berwarna indah atau menampilkan pola yang menarik. Sirip punggungnya panjang dan mengalir, sirip perutnya biasanya lebih kecil.


6. Fantail



Guppy fantail memiliki ekor yang tampak elegan yang menyerupai kipas terbuka. Jenis ekor ini sebenarnya khas fancy guppy. Sirip punggungnya dapat memanjang, sirip perut biasanya lebih kecil.


7. Scarftail



Guppy scarftail juga dikenal sebagai guppy flag-tail. Bentuk ekor ini jauh lebih sempit di tepi dibandingkan dengan jenis ekor lainnya yang disebutkan di atas, tetapi tetap sama mengesankan dalam hal warna dan pola.


8. Double swordtail



Guppy double swordtail memiliki bentuk ekor yang unik yang membedakan mereka dengan ikan guppy lainnya. Ekornya sangat mirip dengan ekor ikan swordtail, tetapi alih-alih memiliki satu ekor yang memanjang, ikan guppy double swordtail memiliki dua ekor memanjang yang berbentuk seperti pedang di kedua sisi pangkal ekornya. 


Saat ekor hanya memanjang di sisi atas atau bawah, maka tercipta dua varietas guppy yang berbeda.


9. Top swordtail



Beberapa guppy swordtail tidak memiliki ekor ganda, sebagai gantinya ekornya hanya memanjang di satu sisi seperti dalam kasus guppy top swordtail, yang menampilkan ekor yang memanjang di bagian atas pangkal ekornya. Dengan hanya satu ujung ekor yang memanjang, ikan terlihat mirip ikan swordtail.


10. Bottom Swordtail



Guppy bottom swordtail adalah versi kebalikan dari guppy top swordtail karena hanya ujung bawah ekor mereka yang memanjang. Tepi ekor yang tidak memanjang sempit dan berbentuk seperti ekor guppy flagtail.


11. Lyretail



Guppy lyretail tidak jauh berbeda dengan guppy double swordtail. Sebenarnya, ini adalah variasi dari guppy double tail. Pada guppy lyretail, ekornya terlihat seperti tidak saling tergantung satu sama lain, tetapi setelah dilihat lebih dekat, Anda bisa memperhatikan bahwa sebenarnya ekornya terhubung oleh membran transparan kecil.


12. Cofertail



Guppy dengan ekor berbentuk dayung ini disebut guppy cofertail dan mereka adalah bagian dari kelompok guppy ekor pendek. Jenis bentuk ekor ini ditampilkan dalam Standar Penilaian untuk Kontes Guppy Dunia.


13. Speartail



Dengan ekor yang berbentuk seperti tombak, jenis guppy ini tidak memiliki ekor yang sangat besar, tetapi ekornya tetap terlihat mengesankan yang menarik perhatian Anda. Tentu saja, ada variasi dalam kategori ini yang memiliki ekor lebih besar dari yang lain.


14. Roundtail



Membulat dan biasanya di sisi yang lebih pendek, guppy roundtail adalah spesimen mengesankan lain yang bisa menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang tertarik pada estetika. Ini juga pilihan bagus bagi orang yang ingin membudidayakan guppy unik dan berbentuk berbeda.


15. Pintail



Sedikit mirip dengan varietas guppy speartail, bagian tengah ekor guppy pintail jauh lebih memanjang, maka dari itu dinamai pintail. Karena ekornya yang runcing panjang, jenis guppy ini juga disebut sebagai guppy needletail (ekor peniti). Ekornya mengembang lebih luas di pangkalan dan menjadi lebih ramping saat mencapai bagian yang menyerupai pin, di mana ekor kemudian menyempit.


16. Halfmoon tail



Guppy halfmoon tail adalah favorit banyak orang. Ekornya menyembul keluar lebar di pangkalan dan semakin melebar hingga menyerupai setengah bulan. Ini adalah salah satu ekor guppy yang terlihat lebih mengesankan, terutama ketika mereka memiliki perpaduan warna dan bentuk.


Itulah beberapa varietas ekor yang kemungkinan akan Anda temui ketika meneliti bentuk ekor guppy, tetapi daftarnya belum selesai karena peternak terus-menerus menghasilkan bentuk yang baru, masing-masing lebih mengesankan daripada yang sebelumnya.


Selanjutnya, mari kita lihat varietas guppy lain berdasarkan pola tubuh, pola ekor, dan warna tubuh.


17. Guppy tuxedo



Guppy ini biasanya menampilkan dua warna kontras antara bagian depan dan belakang tubuh mereka. Bagian depan tubuhnya berwarna lebih terang, sedangkan bagian bawah tubuhnya jauh lebih gelap, seperti skema warna pada tuksedo klasik.


18. Guppy cobra



Varietas guppy ini menampilkan pola vertikal dan mawar yang terlihat di seluruh tubuh mereka. Guppy cobra betina juga akan menunjukkan pola-pola ini, meskipun dengan cara yang lebih kalem dibandingkan dengan guppy cobra jantan, yang menunjukkan pola terbaik.


Dari segi warna, mereka bisa berwarna putih, hitam, hijau, oranye terang, menghasilkan kombinasi warna dan pola yang menarik dan mencolok.


18. Guppy snakeskin



Guppy snakeskin memiliki pola vertikal yang menyebar ke seluruh tubuh mereka. Terkadang, pola-pola ini menyerupai pola harimau dan warna-warnanya juga menampilkan aneka warna seperti emas, oranye, dan hitam.


19. Guppy glass



Guppy glass memiliki kekhasan genetik yang mencegah produksi guanin, membuatnya tampak transparan. Guanin pada dasarnya adalah pewarna perak yang membuat ikan berkilau dan memiliki peran memantulkan cahaya dan dengan demikian mencegah transparansi.


Pada guppy glass, kemungkinan melanin hitam juga memudar yang semakin menonjolkan transparansi tubuh mereka. Guppy glass dibiakkan seperti guppy albino.


20. Guppy leopard



Pola guppy leopard samar-samar menyerupai bintik-bintik pada macan tutul. Pola-pola ini berwarna gelap, yang menghasilkan kontras besar dengan warna yang lebih cerah dan lebih terang.


21. Guppy mosaik



Ekor guppy mosaik menampilkan pola-pola tidak beraturan yang dihubungkan bersama dengan cara yang unik dan khas. Jenis pola ini memberikan vibrasi yang menarik pada ekornya, terutama jika dikombinasikan dengan warna yang saling melengkapi atau kontras.


22. Guppy Albino



Anda kemungkinan besar akan menemukan pola ini pada guppy yang menampilkan pola snakesin. Pola halus seperti renda ini meluas ke seluruh tubuh. Ekor biasanya berbentuk kipas dan warna yang disukai dapat bervariasi dari warna biru ke warna kemerahan dan keemasan.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini