23 Jenis Ikan Neon Tetra beserta Harganya Bagi Pecinta Ikan Hias

19 Juli 2023, 13:39 WIB Last Updated 2023-07-19T07:22:15Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar

sumber foto: hewane.com

SINYALBEKASI.COM - Neon Tetra, jenis Ikan ini sangat populer dan sangat digemari oleh pemain aquascape karena bentuknya yang kecil serta warna nya yang bagus membuat ikan ini menjadi pilihan terbaik untuk aquascape. 


Ikan Neon Tetra juga merupakan ikan air tawar yang termasuk kedalam famili characidae dengan ordo charaformares, yang berasal dari perairan Amerika Selatan, Tenggara Kolumbia, Peru Timur dan Brazil Barat. Ikan neon tetra memiliki warna cerah, dengan bentuk tubuh memanjang sekitar 1 hingga 3 cm, dengan ukuran relatif jauh lebih kecil dibandingkan ikan hias lainnya. 


Selain itu, ikan tersebut dapat berkembangbiak dengan cepat suhu rata-rata 20-26 derajat celcius, sehingga kemungkinan untuk melakukan budidaya ikan neon tetra ini sangat rentan sekali.


Jenis ikan ini sanat jinak sehingga mudah dipelihara dengan mencampurnya bersama ikan jenis lain dalam satu akuarium. Terdapat banyak sekali jenis tetra yang dapat kalian pelihara dan harganya tidak begitu mahal tentunya.


Oke langsung saja, simak baik-baik ulasan di bawah ini, melansir dari matakaca.com 23 Jenis Ikan Neon Tetra beserta Harganya.!


1. Ikan Neon Tetra Cardinal



Cardinal Tetra (Paracheirodon Axelrodi) merupakan jenis ikan air tawar dari family characin (characidae) dan berasal dari ordo characiformes.


Cardinal tetra memiliki karakteristik garis biru warna-warni mencolok dengan garis merah di bawahnya dari ujung sirip muka sampai ekor.


Sekilas, penampilan cardinal tetra akan sangat mirip dengan neon tetra. Oleh karena itu, banyak orang yang sulit untuk membedakan di antara keduanya.


Akan tetapi bagi para pecinta ikan sangat mudah sekali membedakan di antara keduanya. Warna merah cardinal tetra menjalar hingga ke seluruh tubuh mulai dari ujung sirip depan hingga ujung ekor.


Harga Cardinal Tetra: Rp 2.000


Baca juga:


1. 7 Jenis Ikan Palmas si Naga Predator Beserta Harganya

2. 13 Jenis Ikan Louhan yang Cantik dan Populer

3. 13 Jenis Ikan Discus Dengan Tampilan Warna yang Menawan

4. Jenis Ikan Mas Koki Paling Cantik di Indonesia


2. Ikan Tetra Neon



Neon Tetra (Paracheirodon Innesi) merupakan jenis ikan air tawar dari keluarga characin (characidae) dan berasal dari ordo characiformes. Pewarnaan yang cerah membuat ikan ini terlihat di gelapnya warna air dan merupakan alasan utama ikan ini cukup popular di kalangan penggemar ikan hias air tawar tropis.


Perbedaan neon tetra adalah pada garis merah yang hanya berada pada setengah badan sampai ekor. Neon tetra sangat cocok jika dijadikan penghias akuarium atau aquascape karena warnanya yang gemerlap serta bergerak dinamis secara bersamaan satu sama lain.


Harga Ikan Tetra Neon: Rp 3.000


3. Ikan Tetra Black Neon



Masih sama berasal dari keluarga characin, Black Neon Tetra (Hyphessobrycon herbertaxelrodi) memiliki tampilan khas yakni warna dasar yang polos akan tetapi memiliki perbedaan pada garis-garis memanjang yang berdekatan, yakni warna putih di atas dan warna hitam di bawah.


Ikan ini memiliki mata tipis namun terdapat pita warna merah dan kuning di bagian matanya. Panjang tubuh keseluruhan dari ikan ini dapat mencapai sekitar 4 cm. Makanan alami Black Neon Tetra adalah invertebrata kecil seperti kutu air, cacing sutra, dsb.


Harga Black Neon Tetra: Rp 6.000


4. Ikan Tetra Green Neon



Green Neon Tetra (Paracheirodon innesi) hampir sama dengan Neon Tetra. Sama-sama berasal dari ordo characiformers, ikan ini memiliki warna hijau menyala sepanhang garis horizontal dari ujung ekor sampai ujung sirip depan.


Bahkan, mata dari ikan ini sekilas akan tampak berwarna hijau apabila tersorot oleh lampu akuarium.


Harga Green Neon Tetra: Rp 2.000


5. Ikan Tetra Glowlight




Ikan yang memiliki nama lain Neon Api (Hemigrammus erythrozonus) berasal dari famili tetra. Ciri khas dari ikan mungil ini yaitu garis-garis bersinar di sekujur tubuhnya.


Ikan berukruan mungkil dan ramping ini memiliki ciri khas yakni memiliki warna putih di ujung sirip atas dan bawah.


Sekilas, wujud dari Neon Glowlight Tetra akan sangat mirip dengan Black Neon Tetra, garis-garis di sepanjang tubuhnya hampir sama yakni sama-sama bercahaya. Akan tetapi, bagi Aqua Friends pasti akan sangat mudah untuk membedakannya.


Harga Tetra Glowlight: Rp 1.800


Baca juga: 

1. Jenis Ikan Mas Koki Paling Cantik di Indonesia

2. 12 Jenis Ikan Cupang Terindah Dengan Harga Mahal

3. 22 Jenis Ikan Guppy Terpopuler Bagi Pecinta Ikan Hias

4. 13 Jenis Ikan Discus Dengan Tampilan Warna yang Menawan


6. Ikan Neon Tetra Albino



Neon Albino Tetra (Gymnocorym busternrtz) sangat mencolok di antara ikan tetra yang lain. Sama seperti namanya, ikan ini memiliki warna perak transparan di seluuruh tubuhnya dari ujung ekor sampai ujung mulut.


Bahkan, warna mata dari ikan ini juga berwarna putih sempurna.


Harga Albino Tetra: Rp 1.800


7. Ikan Tetra Rummynose



Ikan yang memiliki nama latin Hemigrammus Bleheri ini memiliki ciri khas yakni bagian muka yang berwarna merah. Tak jarang ikan ini mendapatkan julukan ikan kepala api dari Amerika Selatan.


Motif ekor ikan ini yakni garis berwarna hitam dan putih, sedangkan tubuhnya nampak dibalut dengan warna keperakan semi transparan. Ukuran maksimal dari ikan ini dapat mencapai 4,5 cm saat usia dewasa.


Rummynose Tetra memiliki keunikan yakni apabila merasa stress atau tertekan, warna merah di mukanya akan terlihat pucat. Ikan ini menyukai perairan yang lembut dengan tingkat keasaman dalam air yang cukup, serta terdapat tanaman air sebagai tempat istirahat mereka.


Harga Rummynose Tetra: Rp 6.000


8. Ikan Tetra Costello



Costello Tetra (Hemigrammus hyanuary) merupakan spesies ikan yang berasal dari perairan Amazon sekitar Brazil dan Peru.


Panjang maksimal dari ikan ini dapat mencapai 4 cm saat dewasa. Ikan ini berwarna sedikit kehijauan dengan garis tubuh berwarna kuning terang dari belakang insang hingga mendekati pangkal ekor. Ujung ekor ikan ini berwarna hitam tebal.


Ikan ini akan sangat baik jika berada di air dengan suhu 23 – 27 derajat celcius dengan Ph air 6.0 – 7.0.


Harga Ikan Tetra Costello: Rp 4.000


9. Ikan Tetra Lemon



Lemon Tetra (Hyphessobrycon pulchripinnis) memiliki tubuh yang transparan dengan warna ujung sirip atas dan bawah berwarna kuning lemon.


Ikan ini sangat cocok untuk dipelihara bagi para pemula aquascraper karena perawatannya yang tergolong mudah.


Selain itu, ikan ini sangat cocok untuk dipelihara di aquascape dengan substrat berwarna gelap dan cahaya yang redup. Lemon tetra dapat tumbuh dengan panjang maksimal 4 cm saat berusia dewasa.


Harga Tetra Lemon: Rp 4.500


10. Ikan Neon Tetra Red Eye



Ikan dengan nama latin Moenkhausia sanctaefilomenae ini memiliki keunikan karena pada mata bagian atas terdapat warna merah berbentuk busur.


Red Eye Tetra memiliki tubuh berwarna perak dengan ujung sirip berwarna kuning tipis. Sisik di sekujur tubuh ikan ini berwarna hijau tegas serta pangkal ekor memiliki warna kombinasi hitam dominan dan memiliki gradasi warna putih.


Ikan ini mampu hidup hingga kurang lebih 5 tahun pada suhu air berkisar antara 23 – 27 derajat celcius.


Harga Tetra Red Eye: Rp 4.000


11. Ikan Tetra Colombian



Sama seperti namanya, Colombian Tetra (Hyphessobrycon columbianus) berasal dari perairan Colombia, Amerika Selatan.


Apabila dibandingkan dengan jenis ikan tetra yang lain, Colombian Tetra merupakan jenis yang berukuran paling besar yakni mampu mencapai ukuran 7 cm saat usia dewasa.


Ikan ini memiliki warna perak berkilau di sekujur tubuhnya dan dipadu dengan warna merah mencolok pada kesemua siripnya. Warna merah di sekujur siripnya inilah yang menjadikan ikan ini sangat disukai oleh para pecinta ikan hias.


Colombian Tetra mampu hidup dan berkembang biak secara baik dalam air dengan kandungan Ph 7 atau lebih. Ikan ini dapat ditemui di toko ikan hias mana pun dengan harga Rp 4.500 per ekor.


Harga Tetra Colombian: Rp 4.500


12. Ikan Tetra Buenos Aires



Buenos Aires Tetra berasal dari Argentina, sesuai dengan nama yang dimiliki oleh ikan ini. Panjang maksimal dari ikan ini dapat mencapai 8 cm pada usia dewasa.


Habitat alami ikan ini berada pada perairan yang cukup keras, oleh karena itu ikan ini tidak memiliki masalah jika dipelihara di dalam akuarium dengan suhu air dan Ph berapa pun.


Akan tetapi, tidak semua toko ikan hias memiliki stok ikan ini karena sangat susah ditemui dan belum ada yang membudidayakannya.


13. Ikan Tetra Congo



Ikan yang memiliki nama latin Phenacogrammus Interruptus ini memiliki warna tubuh yang sangat unik dan menarik. Tubuh dari ikan ini memiliki perpaduan antara warna biru kemerahan dengan kuning keemasan. Saat sudah dewasa, perpaduan kedua warna tersebut justru akan semakin jelas dan terlihat indah.


Hal yang membuat ikan ini unik lainnya adalah sisik pada tubuhnya sedikit lebih besar apabila dibandingkan dengan ikan jenis tetra lainnya. Pejantan ikan ini mulai dari ekor, sirip, tubuh hingga sisiknya jauh lebih besar dari betinanya.


Congo Tetra jantan berukuran maksimal 8,5 cm saat dewasa, sedangkan betinanya berukuran 6 cm saat dewasa. Ikan ini sedikit manja karena terlalu banyak menuntut dalam perawatannya. Congo tetra sangat sensitif dengan kadar air, suhu, serta Ph dalam air.


Harga Tetra Congo: Rp 3.000


14. Ikan Tetra Blind Cave



Blind Cave Tetra (Astyanax Fasciatus Mexicanus) merupakan ikan yang berasal dari Texas dan Mexico. Keunikan dari ikan ini yakni terletak pada matanya yang tampak tidak memiliki mata. Konon, ikan ini memiliki habitat asli pada perairan di dalam goa yang sangat dingin dan minim cahaya.


Oleh karena itu, lama kelamaan mata ikan ini makin lama semakin tidak nampak karena matanya tidak berfungsi lagi dan tertutupi oleh selaput di sepasang matanya.


Meskipun ikan ini tidak dapat melihat, ikan iki memiliki indra perasa yang sangat tajam. Betina dari ikan jenis ini berukuran lebih besar daripada pejatannya.


Ukuran Blind Cave Tetra betina mampu mencapai panjang maksimal 8 cm saat dewasa, sedangkan pejantannya memiliki panjang antara 6 – 7 cm. Ikan ini sangat susah ditemui di toko ikan hias karena belum ada yang mampu untuk membudidayakannya.


Harga Tetra Blind Cave: Rp 5.000


15. Ikan Tetra Rosy



Ikan yang memiliki nama latin Hyphessobrycon Rosaceus ini berasal dari perairan Brazil dan Amerika Serikat. Rosy Tetra memiliki warna merah merona pada bagian tubuh, ekor dan sirip bawah.


Selain itu, terdapat pula garis berwarna hitam putih pada sirip punggung serta garis vertikal berwarna hitam putih di bagian matanya. Bentuk tubuh dari ikan ini terbilang mungil dan tebal dengan panjang maksimal ukuran tubuhnya mencapai 3 cm.


Harga Tetra Rosy: Rp 6.000


16. Head and Tail Light Tetra



Ikan yang memiliki nama latin Hemigrammus Ocellifer ini sangat cocok dipelihara oleh para pemula karena perawatan ikan ini tidak terlalu sulit. Ikan ini tidak terlalu sensitif dengan kadar air dan ph air di atas 7.0 sekali pun.


Oleh karena itu, ikan ini banyak dipelihara di dalam akuarium dengan mencapurnya dengan jenis tetra lain.


Harga Tetra Head and Tail Light: Rp 5.000


17. Ikan Neon Tetra Diamond



Diamond Tetra (Moenkhausia Pittieri) berasal dari perairan Venezuela, Valencia dan Amerika Serikat. Ikan ini memiliki tubuh pipih, sisiknya berwarna abu-abu keperakan. Ketika sisiknya terkena cahaya, ikan ini akan memantulkan cahaya dan akan tampak seperti berlian.


Diamond Tetra memiliki warna sirip dada transparan,sedangkan sirip lainnya memiliki perpaduan warna antara biru dan ungu. Ikan ini mampu tumbuh maksimal di dalam akuarium sepanjang 4,5 – 5,0 cm saat usia dewasa.


Harga Tetra Diamond: Rp 6.000


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini