3 Jenis Ikan Black Ghost dan Cara Perawatan yang Perlu Diketahui

22 Juli 2023, 10:02 WIB Last Updated 2023-07-22T03:05:43Z
masukkan script iklan disini


SINYALBEKASI.COM
- Tahukah kalian bahwa ikan search Black Ghost memiliki bentuk tubuh yang sangat unik. Cara berenangnya pun berbeda dengan kebanyakan ikan lainnya.


Ikan black ghost ini merupakan ikan hias air tawar yang mempunyai sifat pemalu. Ikan black ghost atau biasa disebut ikan hantu ini berhabitat asli di wilayah amerika selatan seperti Colombia, Guyana, Ecuador, Suriname, Guiana, Paraguay, Bolivia, Venezueala dan Brazil.


Ikan Hantu ini juga merupakan jenis ikan nokturnal yang banyak melakukan aktivitasnya di saat malam hari. Sedangkan saat siang hari, ikan ini lebih memilih untuk bersembunyi di tempat-tempat yang gelap.


Batas maksimal pertumbuhan ikan black ghost jika berada di habitat yang tepat, bisa mencapai 50 cm. Pergerakan ikan ini tampak bergelombang, membuatnya menjadi ikan dengan cara berenang yang unik. 


Jenis Ikan Black Ghost


1. BROWN GHOST



Ikan brown ghost adalah satu diantara jenis ikan hias air tawar yang masih satu keluarga dan genus yang sama dengan black ghost. Hanya saja ikan brown ghost memiliki warna cokelat di sekujur tubuhnya dan warna putih yang terletak di bagian ekor.


2. WHITE GHOST



Sesuai dengan namanya ikan Ghost yang satu ini memiliki warna putih disekujur tubuhnya.


Ada sebagian orang mengenalnya dengan nama ikan Ghost Albino. Dari bentuk fisik ikan ini tidak jauh beda dengan ikan kedua saudaranya baik black ghost maupun brown ghost.


3. BLACK GHOST



Seperti penjelasan yang telah disampaikan di atas. Ikan black ghost adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki warna dominan hitam pada tubuhnya kecuali dua warna putih pada ekornya.


Untuk bentuk sama persisi dengan kedua saudaranya yang telah kami sebutkan di atas.


Dari ketiga jenis ikan Ghost di atas memiliki keunikan dan keindahan masing-masing.


Namun, secara umum ikan ini memiliki kesamaan, misalnya cara berenangnya yang maju mundur, kadang terjungkil balik, ajaibnya tubuh ikan ini dapat membentuk sudut siku-siku.


Perawatan Ikan Black Ghost


Perawatan Ikan Black Ghost

Ikan black ghost sebernya cukup sulit dipelihara di air dingin karena ikan ini gampang sekali terkena jamur atau penyakit pada ikan. Untuk memelihara ikan black ghost sebaiknya di ph air 7 - 7,5 dan suhu 28-30 derajat celcius, jika dibawah itu bisa diberi heater di dalam aquariumnya.


Setting Akuarium Black Ghost

Karena ikan black ghost merupakan ikan yang pemalu kalian perlu setting akuarium kalian dengan menyediakan tempat sembunyi bisa dengan daun-daunan atau bebatuan.


Selain itu, Ikan black ghost aman untuk digabung dengan ikan lain asal ikan yang digabung ukurannya tidak terlalu kecil. Karena ikan ini masuk kedalam ikan karnivora.


Makanan Ikan Black Ghost


Black ghost merupakan ikan karnivora yang di alamnya memakan ikan kecil, serangga, larva dan ulat-ulat kecil. Namun buat kalian yang memelihara ikan ini di aquarium bisa dengan memberikan ikan ini dengan cacing merah, cacing beku, tubifex, udang segar di potong-potong kecil dan ikan kecil. 


Kalian juga bisa melatih ikan black ghost agar mau makan pelet dengan sesekali memberikan pelet.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini