5 Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

19 Juli 2023, 15:34 WIB Last Updated 2023-07-19T08:42:10Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM-
Sudah bukan rahasia lagi kalau ikan guppy adalah salah satu ikan hias yang paling digemari para penghobi ikan hias. Ikan guppy bisa ditemukan hampir di semua toko yang menjual ikan hias dengan berbagai jenis warna dan harga.


Ikan guppy juga termasuk ikan yang mudah untuk dipelihara sehingga sangat cocok untuk pemula yang baru menggeluti hobi ikan hias ini.


Jenis ikan air tawar yang berukuran kecil ini terbilang mudah dipelihara. Harga ikan guppy yang murah dan memiliki banyak variasi warna dan corak juga menjadi daya tarik lainnya.

 

Namun Ikan hias guppy ini dalam perawatan bisa dibilang susah-susah gampang, sehingga bagi yang ingin memeliharanya diperlukan perhatian ekstra. Dengan perhatian ekstra itu, ikan hias guppy yang kamu rawat dan pelihara akan bertahan hidup lebih lama.


Nah untuk kalian yang ingin merawat ikan guppy, yuk kita simak cara merawat ikan guppy di bawah ini.

Dilansir dari laman resmi gramedia.com Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati


Baca juga:

1. 7 Jenis Ikan Palmas si Naga Predator Beserta Harganya

2. 13 Jenis Ikan Louhan yang Cantik dan Populer

3. 13 Jenis Ikan Discus Dengan Tampilan Warna yang Menawan

4. Jenis Ikan Mas Koki Paling Cantik di Indonesia


1. Pemilihan Akuarium


Sama dengan memelihara hewan pada umumnya, pemilihan tempat tinggal ikan hias guppy harus sesuai dengan jumlah ikan yang akan dipelihara serta bentuk akuariumnya sebaiknya sesuai dengan yang kamu suka. Alangkah baiknya, memilih akuarium yang berukuran sedang atau tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Hal ini dikarenakan agar ikan guppy dapat berenang dengan bebas dan mendapatkan ruang untuk bernapas.


2. Pemberian Makan yang Bergizi dan Secara Rutin


Dalam menjaga kondisi tubuhnya agar tetap dalam keadaan sehat dan tidak mudah sakit, sebaiknya ikan guppy diberikan makanan secara rutin dan makanan yang bergizi. Dengan pemberian makanan secara rutin dan makanan bergizi ini, pertumbuhan ikan guppy akan semakin cepat dan warna-warna pada siripnya akan terlihat indah.


Akan tetapi, kamu tidak boleh memberikan makanan kepada ikan guppy secara berlebihan karena bisa menurunkan staminanya dan sangat risiko terhadap kematian yang secara tiba-tiba. Makanan yang dapat diberikan ke ikan guppy, seperti cacing beku, jentik nyamuk, dan lain-lain.


3. Menjaga Kualitas Air di Akuarium


Setelah memilih jenis akuarium dan pemberian makan secara rutin, kini kamu perlu memerhatikan kondisi air yang ada di dalam akuarium. Hal ini dapat memengaruhi kondisi kesehatan dari ikan guppy itu sendiri, sebaiknya buatlah kondisi air akuarium semirip mungkin dengan habitat aslinya. Idealnya, suhu akuarium yang dibutuhkan ikan guppy berkisar 24-28 derajat celcius. Sementara itu, pH dari air di akuarium sekitar 7,0-7,2 pH. Lebih lagi, jika kamu memberikan filter dan aerator agar oksigen dapat berjalan dengan baik dan mencegah adanya bakteri yang masuk.


4. Perhatikan Kondisi Akuarium Serupa Dengan Habitat Aslinya


Bukan hanya kondisi air saja yang perlu diperhatikan ketika memelihara dan merawat ikan hias guppy, kamu juga perlu memerhatikan suasana dari akuarium itu sendiri. Jika kamu membuat suasana kondisi akuarium serupa dengan habitat aslinya, maka ikan hias dapat bertahan hidup lebih lama, begitu pun sebaliknya. Jadi, kamu bisa memberikan aksesoris akuarium, seperti tanaman hidup, bebatuan, dan lain-lain.


5. Jauhkan Ikan Guppy dari Predator


Jika kamu sudah memelihara dan merawat ikan guppy, sebaiknya jangan satukan ikan guppy dengan ikan hias air tawar lainnya terutama ikan hias air tawar predator, seperti arwana, oscar dan lain-lain. Jika menyatukan ikan guppy dengan ikan hias air tawar predator, maka kemungkinan besar ikan guppy akan menjadi santapannya. Jika kamu ingin menggabungkan ikan guppy dengan ikan hias lainnya dalam satu akuarium, kamu bisa menggunakan ikan neon tetra, ikan moli, dan lain-lain.


Kesimpulan


Dalam perkembangan ikan hias di Indonesia terutama ikan hias air tawar semakin banyak orang yang mulai memeliharanya. Bahkan, ada juga yang mulai membudidayakan ikan hias air tawar untuk dijadikan sebuah usaha. Ikan guppy menjadi salah satu dari sekian banyaknya ikan hias air tawar yang dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Meskipun ikan ini tergolong jenis ikan yang berukuran kecil, tetapi keindahan dari ikan ini tak perlu diragukan lagi. Namun, dalam perawatannya, kamu butuh perhatian ekstra karena ikan guppy ini sangat mudah mati.



(MAULANA)

Komentar

Tampilkan

Terkini