Cara Memelihara Ikan Discus Yang Baik Dan Benar

18 Juli 2023, 15:50 WIB Last Updated 2023-07-18T09:03:22Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM- ikan discus yang memiliki nama latin Symphysodon ini termasuk salah satu jenis dari ikan tawar yang berasal dari Sungai Amazon, Brasil.

Ikan jenis ini termasuk salah satu ikan hias yang banyak dipilih oleh para penggemar untuk menghuni aquariumnya. Hal ini dipengaruhi oleh warna yang begitu unik dan bentuknya yang sangat menggemaskan. 

Tidak heran ikan discus banyak diminati oleh para penggemarnya. Nah, apakah kamu tahu cara merawat ikan discus?


Nah, untuk kamu yang tertarik memelihara ikan discus, kami akan membagikan tips dan trik yang harus kamu lakukan dalam perawatannya. Untuk itu, yuk kita simak cara memelihara ikan discus berikut ini! 

dilansir dari laman resmi id.theasianparent.com


 Baca juga:

1. 7 Jenis Ikan Palmas si Naga Predator Beserta Harganya

2. Jenis Ikan Sapu Sapu Hias Tercantik Pembersih Aquarium

3. 13 Jenis Ikan Louhan yang Cantik dan Populer

4. 13 Jenis Ikan Discus Dengan Tampilan Warna yang Menawan


1. Perhatikan Suhu Air yang Tepat untuk Ikan Discus


Suhu air yang direkomendasikan untuk ikan discus adalah sekitar 29°-30° Celsius. Ikan jenis ini justru tidak merasa nyaman dalam air yang bersuhu dingin. Saat suhunya naik, metabolisme pada tubuhnya berjalan dengan lebih baik. Ikan tersebut pun akan menjadi lebih lincah bila diletakkan pada air dengan suhu tepat. 


2. Perhatikan pH Air


Kondisi lingkungan juga perlu dipertimbangan, yakni faktor pH dan kesadahan air. Baik discus yang ditangkap di alam liar maupun di penangkaran dapat berkembang biak dengan baik ketika tingkat pH antara 6,8 dan 7,6. Hal yang sama berlaku pada kesadahan air, yakni tingkat kandungan mineral di dalam air. Discus biasanya bisa berkembang dengan baik dengan kadar kesadahan lunak sampai sedang. 


3. Ukuran Tangki Akuarium 


Akuarium berukuran lebih besar tentu lebih baik untuk pertumbuhan ikan. Apalagi bila memeliharanya dengan jumlah banyak, maka direkomendasikan akuarium dengan kapasitas 75 gallon air. Namun, bisa juga dengan tangki akuarium dengan 55 gallon air (1 gallon = 3.78541 liter).


4. Bangun Ekosistem di Dalamnya


Ikan di akuarium tentu tidak hanya membutuhkan air saja. Mereka juga perlu mendapatkan ekosistem yang sesuai agar bisa tumbuh dengan baik. Beberapa tanaman juga bisa ditanam di dalam air seperti anubias, pakis jawa, bacopa, tanaman pedang, dan pedang mikro. Tambahkan juga batu udara atau air stone untuk meningkatkan kadar oksigen dalam air. 


5. Perhatikan Pergantian Air 


Discus tidak selalu membutuhkan pergantian air yang cukup sering. Hal tersebut tergantung pada seberapa besar tangki dan berapa banyak ikan yang hidup di dalamnya.


Sebab, pergantian air pada dasarnya bertujuan untuk menghilangkan penumpukan limbah. Bila terlalu sering diganti justru akan menghilangkan kadar bakteri baik yang menguntungkan tanaman hidup di dalamnya. 


6. Pilih Ikan yang Tepat sebagai “Teman”


Orang yang memiliki akuarium biasanya tidak hanya memelihara satu jenis ikan saja. Bila ingin memelihara discus bersama ikan lainnya pilihlah jenis yang tepat.


Discus cenderung pemakan lambat sehingga bila digabungkan dengan jenis ikan agresif akan kalah dalam persaingan. Sebelum memasukan ikan jenis lain sebaiknya jadikan dahulu discus sebagai ikan utama. Setelah itu, bisa dipertimbangkan untuk menambahkan ikan jenis lain, seperti cardinal tetras, Sterbai cory catfish, atau bristlenose pleco.


7. Pemberian Makan yang Tepat 


Cacing darah sangat bagus karena bentuknya yang kurus sangat cocok untuk mulutnya yang kecil. Sebab, seringkali orang memberikan makanan berukuran besar untuk ikan kecil. Pastikan untuk memberikan makanan variatif untuk memenuhi nutrisinya, misalnya udang air asin beku atau hidup, cacing hitam hidup atau beku , dan cacing mikro hidup

Komentar

Tampilkan

Terkini