Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami yang Mudah di Dapat

07 Juli 2023, 22:39 WIB Last Updated 2023-07-07T15:41:08Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM
- Seperti diketahui, bekas jerawat adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu karena dapat mengikis kepercayaan diri. Banyak orang berburu cara menghilangkan bekas jerawat tersebut, secara alami yang praktis dijajal di rumah. 


Terjadinya bekas jerawat dikarenakan hiperpigmentasi pasca inflamasi dan kerap terjadi karena peradangan jerawat. Kondisi ini sangat mengganggu penampilan, apalagi hiperpigementasi bisa terjadi pada semua jenis kulit wajah.


Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa dicoba. Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan pencerah alami seperti lidah buaya, lemon, tomat, mentimun, dan kentang.


Dan bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang sudah menghitam, yang ternyata dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami, tentunya mudah didapat dan aman untuk digunakan. Sebab, menggunakan bahan alami cenderung murah dan minim efek samping. 


Melansir dari halodoc.com, cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami


1. Lemon


Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi bintik hitam bekas jerawat adalah konsumsi vitamin C.


Kamu bisa mengonsumsi jus lemon yang kaya akan vitamin C karena dipercaya mampu mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang menghitam.


Sayangnya, untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan kering, dianjurkan untuk tidak memanfaatkan jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam karena rentan untuk mengalami iritasi.


2. Lidah buaya


Lidah buaya memiliki banyak manfaat yang bisa diberikan, terutama pada kulit. Tanaman ini juga kerap digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam.


Nyatanya, lidah buaya memang agen penyembuh yang luar biasa, terutama untuk masalah kulit. Bintik hitam dapat memudar berkat kandungannya yang mampu mencerahkan kulit.


3. Ekstrak biji anggur


Ekstrak biji anggur adalah bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam.


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang dikonsumsi selama 6 bulan bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip seperti hiperpigmentasi pasca-inflamasi.


4. Madu


Madu kerap digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan, termasuk luka bakar, luka, dan herpes.


Penelitian menunjukkan bahwa bahan ini bisa mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi potensi jaringan parut. Sifat anti peradangannya juga mampu melawan infeksi yang dapat menyebabkan lebih banyak jerawat muncul.


5. Bubuk kunyit


Bahan alami yang satu ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri karena sifat anti-inflamasinya. Ini juga membantu regenerasi kulit dan mengurangi jaringan parut. 


Alhasil, kulit menjadi lebih cerah dan noda hitam bekas jerawat menjadi tersamarkan.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini