Cara Merawat Ikan Oscar Yang Benar!

20 Juli 2023, 21:20 WIB Last Updated 2023-07-20T14:25:50Z
masukkan script iklan disini


SINYALBEKASI.COM-
Ikan Oscar merupakan ikan air tawar yang asalnya dari Amerika Selatan. Ada dua macam ikan oscar yang biasa kamu pelihara, yaitu ikan berwarna cokelat dengan corak kuning kemerah-merahan kemudian ikan berwarna putih dengan corak oranye dan memiliki sifat yang cerdas dan ramah dengan pemiliknya, sehingga sering dijadikan sebagai ikan hias peliharaan yang menarik.


Meski menjadi pilihan favorit ikan hias lainnya, namun bila dibandingkan ikan mas koki ataupun ikan cupang kepopuleran ikan oscar masih dibawahnya. Hal tersebut berkaitan dengan harga dan cara perawatan oscar yang tidak semudah ikan hias lokal.


Namun, apabila kamu sebagai pemula memutuskan untuk memelihara ikan ini, tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar ikan Oscar bahagia di akuarium mu.


Pada artikel kali ini, Saya mencoba menjelaskan mengenai cara merawat ikan oscar agar dapat berkembang dengan fit dan sehat, simak penjelasannya secara lengkap berikut ini.

dilansir dari laman resmi hewanee.com


Cara Merawat Ikan Oscar


Jika anda memutuskan untuk memelihara ikan ini, maka ada beberapa hal yang perlu anda ketahui selain jenis-jenisnya.


Karena dengan mengetahui bagaimana cara merawat ikan oscar dengan baik, maka ikan mampu berkembang biak secara baik. Dan tentunya akan lebih lama bertahan hidup di dalam aquarium.


• Ukuran Aquarium


Pertama yang perlu dipersiapkan adalah ukuran dari aquarium untuk ikan hias oscar. Anda harus menyiapkan ukuran akuarium jika diisi dengan air maka akan memiliki kapasitas 200 liter air. Jika membuat lebih kecil maka akan membuat ikan stress.


Untuk suhunya juga harus diperhatikan, oscar senang hidup dalam suhu 23-27 derajat Celcius. Perhatikan juga kondisi air usahakan dalam kondisi yang stabil dan tidak kotor.


Jika anda memiliki aquarium yang cukup luas maka bisa memasukkan ikan lebih dari satu. Ikan ini mampu bertahan hidup selama 18 tahun lebih jika mendapatkan perawatan yang baik dan benar.


• Makanan


Untuk dapat menjaga ikan hias oscar tetap hidup, maka berilah makan dengan makanan yang benar. Pada habitat aslinya ikan hias Oscar memakan serangga kecil dan juga Krustasea.


Jika anda memelihara ikan ini, maka anda bisa memberinya makan dengan ikan mas berukuran kecil atau berikan juga serangga kecil.


Berikan tanaman ganggang untuk menyuplai makanan bergizi bagi ikan Oscar. Untuk variasi makanan makan, anda bisa menggunakan pelet, cacing darah, dan juga ulat kecil.


• Ikan Dalam Aquarium


Jika anda menginginkan ikan hias oscar memiliki teman lain di dalam akuarium, maka pastikan terlebih dahulu terkait kapasitas aquarium.


Ikan arwana bisa menjadi pasangan ikan oscar di dalam satu akuarium. Selain itu anda juga dapat memasukkan ikan Jack Dempsey.


Tapi yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar aquarium anda, karena jika memiliki tampungan yang kecil maka akan membuat ikan lebih mudah stress.


• Mengganti Air Aquarium


Jika anda merawat ikan hias oscar, maka perhatikan kadar air dalam aquarium. Karena jika anda tidak mengganti air aquarium yang sudah kotor, maka akan membuat ikan stres


Biasanya pergantian air dilakukan selama satu bulan sekali. Tapi hal tersebut juga tergantung seberapa banyak ikan di dalam aquarium anda, semakin banyak maka juga harus sering mengganti air aquarium.


Baca juga:


1. 7 Jenis Ikan Palmas si Naga Predator Beserta Harganya

2. 13 Jenis Ikan Louhan yang Cantik dan Populer

3. 13 Jenis Ikan Discus Dengan Tampilan Warna yang Menawan

4. Jenis Ikan Mas Koki Paling Cantik di Indonesia



(MAULANA)

Komentar

Tampilkan

Terkini