Jenis Jenis Ikan Rainbowfish Dengan Warna se-Indah Pelangi

20 Juli 2023, 14:11 WIB Last Updated 2023-07-20T07:15:54Z
masukkan script iklan disini


SINYALBEKASI.COM
- Rainbow fish merupakan ikan hias air tawar yang cantik dan mudah dipelihara. Selain sebagai penghias akuarium, jenis ikan ini juga banyak dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.


Adapun morfologi dari ikan yang bernama latin melanotaenia boesemani ini antara lain berbentuk pipih dan memiliki mulut yang unik seperti tabung. Rainbow fish merupakan ikan endemic tanah Papua dan dapat ditemukan di Danau Ayamaru dan Danau Sentani serta rawa-rawa air jernih.


Jika tertarik memelihara hewan tersebut, kamu wajib mengenali 5 jenis ikan rainbow yang ada di pasaran. Dilansir dari berbagai sumber, inilah ulasan selengkapnya!


1. Ikan Rainbow Ballon



Ikan rainbow ballon yang merupakan jenis ikan hias air tawar dapat sobat ketahui dengan memiliki bentuk tubuh terkesan membulat dan lebih pendek. Untuk jenis ikan Rainbow Boesemani sendiri terdapat beberapa kelompok lagi seperti misalnya, Red rainbow ballon, Rainbow Lacustris ballon dan Rainbow Bosmani ballon.


2. Rainbow Merah



Di daerah asalnya (Papua, danau sentani) rainbow merah (Glossolepis incisus weber) ini sering disebut kaskado yang artinya penyakit jamur yang berwarna keputihan. Ikan yang memiliki nama beken Red Rainbow fish ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan bersirip punggung ganda. 


Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 12 cm untuk ikan jantan dewasa, sedangkan ikan betina dewasa sekitar 10 cm (diukur dari ujung mulut hingga ujung ekor). Tubuh ikan jantan berwarna terang (merah bata) sedangkan ikan betin berwarna lebih pucat. 


Terdapat warna keperakkan di kedua sisi bagian tengah tubuhnya. Penampilan ikan rainbow merah akan tampak lebih indah saat menjelang masa pemijahan.


3. Ikan Rainbow Boesemani



Ikan Rainbow boesemani (Boesemans rainbow fish) bernama ilmiah Melanotaenia boesemani. Yang bisa sobat ketahui dengan memiliki tanda atau ciri-ciri mempunyai bentuk tubuh yang pipih, terdapat juga sirip yang ganda pada bagian punggungnya. 


Ikan Rainbow Boesemani ini dapat tumbuh besar hingga 9 cm untuk ukuran jantan, sedangkan untuk ukuran betina bisa tumbuh besar maksimal 7 cm saja. Harga Ikan Rainbow Boesemani ini kisaran antara ribuan sampai puluhan ribu saja yang tentunya masih bisa di jangakau oleh semua kalangan. 


4. Ikan Rainbow Makaloci



Rainbow Makuloci (Melanoteania Macculochi Ogilby) di pasar internasional dikenal dengan sebutan nama Maccolloch’s rainbow fish. Ikan ini dapat sobat ketahui dengan meiliki tanda atau ciri-ciri mempunyai bentuk tubuh yang pipih yang agak memanjang, memiliki sirip ganda pada bagian punggungnya, yang mana bentuk sirip pertama lebih besar.


Pada bagian tubuhnya terdapat hiasan warna dasar kehijauan, pada tepinya terdapat warna kekuningan sebagai pembatas pada tubuhnya yang mempunyai warna merah kecoklatan. Untuk Sirip ekor berwarna merah cerah, sedangkan pada bagian tubuhnya berwarna dasar silver dengan warna gelap metalik. 


Ukuran panjang ikan Rainbow Makuloci ini kisaran sekitar 6 cm, yang tubuhnya terdapat garis-garis horizontal yang memanjang dan berwarna kehitaman.  


5. Rainbow Lacustris



Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro) juga dikenal dengan nama Lake Kutubu Rainbow fish. Tanda atau ciri-ciri yang bisa sobat ketahui yaitu mempunyai bentuk tubuh yang pipih, juga memiliki sirip ganda pada bagian punggungnya, Untuk warnanya terbagi menjadi dua yaitu kehijauan dan keputihan pada bagian bawah.


Panjang ikan rainbow Lacutris ini untuk jantan dan betina bisa mencapai 10 cm, ikan ini juga disebut dengan "Rainbow Biru" yanitu berdasarkan warna yang sangat yang melekat pada tubunya dan juga seperti warna pelangi.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini