Jenis Jenis Ikan

19 Juli 2023, 15:54 WIB Last Updated 2023-07-19T09:34:09Z
masukkan script iklan disini


SINYALBEKASI.COM- Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai jenis ikan terbanyak di dunia. Baik jenis ikan tawar, ikan laut, ikan hias, maupun ikan konsumsi, semuanya tersedia di Indonesia.


Selain itu, dalam perikanan air payau ada banyak jenis ikan yang dapat dibudidayakan. Hal ini membuat budidaya ikan air payau banyak dilakukan di Indonesia. Perikanan air payau banyak dilakukan di utara pantai Jawa, pantai timur Aceh, Riau, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.


Jika kamu gemar memancing atau ingin memiliki akuarium, maka mengenal jenis-jenis ikan ini wajib untukmu! Mari kita belajar tentang beberapa ikan air tawar dan air laut yang pastinya membuatmu terkagum-kagum akan keindahan alam bawah air.

Dilansir dari berbagai sumber 

Yuk kita simak jenis jenis ikan di air tawar dan air laut


Baca juga:

1. 7 Jenis Ikan Palmas si Naga Predator Beserta Harganya

2. 13 Jenis Ikan Louhan yang Cantik dan Populer

3. 13 Jenis Ikan Discus Dengan Tampilan Warna yang Menawan

4. Jenis Ikan Mas Koki Paling Cantik di Indonesia


1. Ikan Lele


Jenis ikan konsumsi yang jadi favorit banyak orang ada ikan lele.


Jenis ikan air tawar ini sangat sering dikonsumsi dengan cara digoreng garing lalu disajikan dengan sambal tomat ulek dan lalapan sayuran.


Penyajian ini lebih dikenal dengan nama pecel lele. Selain digoreng, ikan lele juga sering dimasak bersama dengan kuah santan atau dimasak dengan bumbu pedas menjadi kuliner yang bernama manggut lele.


Ikan lele terbilang sangat murah harganya jika dibandingkan ikan air tawar lainnya.


Ikan lele sangat mudah dibudidayakan dan perawatannya juga sangat mudah sehingga membuat harga ikan ini murah.


2.Ikan Mas


Ikan mas merupakan salah satu ikan air tawar yang paling umum ditemui. Mereka memiliki tubuh yang agak pipih dan sirip punggung yang panjang. Ikan mas dapat tumbuh hingga ukuran yang besar dan biasanya ditemukan di perairan yang tenang seperti danau dan sungai.


3.Ikan Nila


Nama ikan nila diambil dari tempat asalnya, yaitu sungai nil. Ikan nila adalah ikan air tawar yang memiliki bentuk tubuh pipih memanjang dan bersisik kasar.


Ikan yang bisa tumbuh hingga 30 cm ini mempunyai warna sisik yang berbeda di setiap jenisnya. Di Indonesia sendiri jenis ikan nila ada banyak, di antaranya nila lokal, nila BEST, nila GIFT, nila GESIT, dan nila nirwana.


Tubuh ikan nila memiliki garis atau pita gelap vertikal belang yang akan makin memudar dengan bertambahnya umur ikan tersebut. Ikan nila juga dilengkapi sirip di beberapa bagian tubuhnya, di antaranya sirip punggung, sirip perut, sirip dada, sirip dubur, dan sirip ekor.


4.Ikan patin


Jika dilihat dari tekstur dagingnya, ikan patin hampir mirip dengan ikan lele. Ikan air tawar satu ini juga terbilang memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi.


Selain itu, ikan patin juga mengandung DHA dan Omega 3 yang sangat cocok dikonsumsi anak-anak dan ibu hamil.


Salah satu sajian ikan patin yang cukup terkenal adalah sup ikan patin.


5.Ikan Hias Cupang


Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan satu ini, bukan? Memiliki ekor dan sirip yang cantik serta perawatan mudah, ikan cupang sangat laku di pasaran, lho.


Menariknya, ikan satu ini tidak membutuhkan filter, sehingga mudah buat merawat dan membudidayakannya.


6. Ikan Bojor


Nah ini dia ikan yang memiliki banyak nama atau sebutan, yaitu ikan bojor. Ikan yang biasa disebut ikan pasir, ikan polos, ikan bolos dan lain sebagainya. Namun ikan ini jarang dikonsumsi ya, paling pemancing biasanya memanfaatkan ikan satu ini untuk umpan ikan pari.


7. Ikan Gatho


Ikan gatho adalah ikan yang hidup di perairan dangkal, biasanya ikan ini sangat disenangi dan dijadikan target oleh para pemancing, sebab ikan gatho memiliki tarikan yang kuat.


Selain itu, ikan laut dangkal ini memiliki daging yang lembut dan tebal, maka tentu tak heran jika dijual dengan harga yang tinggi.


8. Ikan Luthok


Sekilas ikan luthon ini mirip dengan ikan jenis air tawar yaitu patin. Tak jauh berbeda dengan jenis ikan sebelumnya, ikan luthok juga ternyata sangat disukai oleh para pemaning.


9. Ikan Kuro


Ikan kuro merupakan ikan yang hidup di lautan dangkal, akan tetapi tidak memiliki karang.


Jadi jika Pins ingin memancing atau mendapatkan ikan kuro ini hindari lautan dangkal yang berkarang. Ikan kuro sendiri memiliki berbagai jenis, mulai dari ukuran yang kecil hingga besar.


10. Ikan Tombol


Mungkin sebagian diantara kalian baru mendengar mengenai ikan tombol ini, ikan ini juga biasa dikenal dengan nama ikan somanganti.

Komentar

Tampilkan

Terkini