Usaha Modal Kecil yang Potensial Dengan Keuntungan Besar

09 Juli 2023, 14:42 WIB Last Updated 2023-07-09T07:42:39Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar


SINYALBEKASI.COM
- Banyak orang yang mencari ide usaha modal kecil untuk bisa mendapatkan keuntungan sebesar mungkin. 


Usaha sampingan menarik untuk dijalani. Secara umum, seharusnya tidak ada istilah gagal dalam bisnis ini, karena memang sebatas hanya sebagai usaha sampingan atau penghasilan tambahan. Berikut ini merupakan pokok-pokok alasan kenapa kamu seharusnya mencoba usaha sampingan di rumah.


Fakta menarik dari karyawan kantoran bahwa mereka mungkin memiliki gaji kecil, tetapi nyatanya banyak dari mereka yang memiliki waktu luang yang besar. Sayangnya, sebagian besar dari mereka tidak memanfaatkan waktu luang tersebut dengan optimal dan mengubahnya menjadi uang. 


Sebenarnya, dari waktu luang tersebut ada banyak kesempatan untuk menjalankan usaha sampingan yang bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan atau mungkin bisa menjadi rencana keuangan jangka panjang.  


Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menjadikan waktu kerja mereka sebagai alasan tidak bisa menjalankan usaha sampingan tersebut. 


Apa Saja Peluang Usaha Modal Kecil yang Potensial Dengan Keuntungan Besar? Simak ulasan berikut ini.!


1. Katering Sehat


Bisnis kuliner erat kaitannya dengan usaha modal kecil yang ramah pemula, contohnya katering sehat. Mengapa demikian? Karena setiap manusia tentunya membutuhkan makanan yang bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan mereka. 


Sehat tidak harus mahal, artinya kamu dapat menyediakan katering 4 sehat 5 sempurna dengan kearifan lokal. Tawarkan menu yang bervariasi agar pelangganmu tidak bosan dengan menu kateringmu.


2. Minuman Sehat


Daripada membuka usaha minuman manis yang trendy, mengapa kamu tidak berjualan minuman sehat saja? Minuman sehat ini bisa berupa jamu, jus, empon-empon, dan lain-lain. Modal yang dibutuhkan memang sedikit, yakni Rp1-2 juta, tapi kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis minuman sehat ini.


3. Membuka Jasa Cleaning Service


Kesibukan manusia yang semakin meningkat membuat mereka terpaksa mengabaikan kebersihan rumahnya. Tawarkan jasa cleaning service untuk memenuhi kebutuhan mereka akan lingkungan yang higienis. Berikan jaminan kalau kamu akan membersihkan rumahnya sesuai protokol kesehatan yang berlaku sehingga pelanggan percaya kepada bisnismu.


4. Financial Planner


Masyarakat Indonesia kini sadar akan pentingnya melek keuangan. Lewat jasa financial planner ini, kamu akan memandu klien dalam pengelolaan keuangan dan investasi agar tujuan finansialnya tercapai. Modal yang dikeluarkan pun tidak banyak, cukup tambah pengetahuanmu di bidang finansial dan investasi.


5. Bisnis Reseller


Kamu tidak perlu memikirkan modal untuk produksi, cukup melakukan pengadaan produk, pengiriman, dan promosinya. Barang yang dijual bisa beragam, tapi sesuaikan pula dengan kebutuhan target pasar. Kamu akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis reseller, asalkan tahu strategi yang tepat untuk menjalankannya.


6. Penitipan Hewan


Kini, semakin banyak orang yang memelihara hewan di rumahnya, terutama anjing dan kucing. Kamu bisa menawarkan jasa penitipan hewan kepada pemiliknya apabila mereka hendak keluar kota. Sediakan tempat yang nyaman bagi hewan dan berikan fasilitas yang cukup, terutama pakan hewan yang higienis.


7. Kerajinan Tangan


Kalau anda punya keahlian di bidang ini, tidak ada salahnya untuk dijadikan sebagai bisnis. Kerajinan tangan ini bentuknya macam-macam, misalnya perangkai buket bunga di hari pernikahan. Modal yang dikeluarkan pun cukup ringan, tapi keuntungan yang dihasilkan tidak kalah besar untuk pebisnis pemula.


8. Jasa Desain Grafis


Terakhir, kamu bisa memanfaatkan kemampuan desain sebagai sumber penghasilanmu. Apalagi jika kamu memiliki keahlian di bidang digital drawing, peluang bisnisnya semakin besar. 


Ajak orang lain untuk berkolaborasi, misalnya toko suvenir, sehingga pangsa pasar semakin luas dan keuntungan yang diterima semakin besar.


9. Affiliate Marketing


Jenis bisnis online ini adalah salah satu usaha modal kecil untung besar yang dapat anda coba. Simpelnya, affiliate marketing adalah sebuah usaha di mana kamu bekerja sama atau berafiliasi dengan perusahaan atau orang untuk mempromosikan produk mereka.


Bentuk promosinya ini dapat bermacam-macam. Misalnya, kamu bisa membuat promosi dalam bentuk video atau artikel pada blog. Karena kamu tidak perlu membeli produk mereka, dan dalam beberapa kasus kamu bahkan akan mendapatkan barang secara gratis untuk dicoba, ide usaha ini termasuk usaha modal kecil.


Walaupun tujuan kamu nantinya adalah mempromosikan barang, kamu tidak akan dibayar hanya karena sekedar mempromosikan. Kamu akan mendapatkan uang ketika seseorang membeli atau menggunakan produk atau jasa yang kamu rekomendasikan melalui link atau tautan yang kamu berikan.


Untuk memulai usaha ini, kamu bisa mulai dengan membuat platform kamu sendiri, baik itu kanal video, media sosial, atau blog. Setelah memiliki platform, kamu bisa mulai membangun audiens kamu terlebih dahulu.


Hal ini karena beberapa perusahaan atau individu hanya bekerja sama dengan orang yang memiliki jumlah pengikut atau pembaca dalam angka tertentu. Walaupun memang ada juga program afiliasi yang dapat dimulai tanpa syarat tersebut.


Untuk program afiliasinya sendiri, kamu bisa menemukannya dengan cukup mudah pada platform toko online. Selain dari toko online, ada juga perusahaan jasa yang membuka program afiliasi yang dapat kamu coba.


10. Usaha Makanan Ringan


Usaha kuliner adalah usaha yang tidak pernah ada matinya karena orang setiap hari tentu membutuhkan makanan. Kalau misalnya anda tidak memiliki cukup modal untuk membuka usaha makanan yang besar, kamu bisa mulai dengan membuka usaha makanan ringan.


Selain kebutuhan modal yang relatif lebih kecil, usaha makanan ringan juga memiliki variasi serta pangsa pasar yang luas. Dari segi variasi, kamu dapat menemukan pilihan seperti aneka kripik, gorengan, frozen food, dan lain-lain.


Peluang usaha ini juga dapat kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan karena umumnya usaha ini tidak banyak menyita waktu. Untuk proses menjualnya sendiri, kamu bisa membuka gerai offline atau melalui toko online.


11. Jasa Titip


Bagi anda yang gemar untuk jalan-jalan, ide usaha satu ini tentunya sangat cocok untuk dicoba. Cara kerja dari jasa titip ini juga relatif simpel. Kamu tinggal mengambil gambar dari sebuah produk yang kamu temukan dan bagikan pada orang-orang melalui sosial media.


Saat membagikan gambar produk tersebut, tanyakan apakah ada dari mereka yang ingin membeli produk tersebut. Orang-orang yang ingin membeli barang tersebut nantinya akan mengirimkan sejumlah uang yang sudah termasuk biaya jasa untuk kamu yang akan kamu gunakan untuk membeli barang tersebut.


Selain dengan cara tersebut, kamu juga bisa mencari kenalan atau koneksi orang yang tinggal di daerah tertentu. Lalu, kamu tinggal menaruh gambar-gambar produk yang dijual di daerah dekat kenalan atau koneksi kamu. Orang-orang yang tertarik untuk membeli produk tersebut nantinya bisa meminta tolong kenalan atau koneksi kamu melewati kamu.


12. Usaha Jual Pulsa Listrik dan Paket Internet


Kalau anda mencari ide usaha rumahan modal kecil yang dapat dijadikan sampingan, maka usaha menjualan pulsa listrik dan paket internet adalah pilihan yang tepat.


Keduanya adalah hal yang akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang. Walaupun memang sudah terdapat banyak kemudahan untuk mendapatkan keduanya, kamu tetap bisa mendapatkan pelanggan dari orang-orang yang tidak ingin ribet membelinya.


Usaha rumahan ini juga tidak membutuhkan banyak modal; kamu hanya memerlukan handphone dan pulsa serta kuota internet. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa langsung menghubungi agen distributor yang dapat menjadi tempat kamu untuk membeli pulsa listrik dan paket internet.


13. Bisnis Laundry Kiloan


Serupa dengan bisnis kuliner, bisnis laundry adalah salah satu jenis bisnis yang tidak akan ada matinya. Setiap hari, orang pasti memiliki pakaian kotor yang harus dicuci.


Usaha laundry mungkin memang terdengar membutuhkan modal besar. Tetapi, hal itu sebenarnya jika kamu berencana untuk langsung membuka usaha cucian yang besar.


Usaha laundry sebenarnya tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Anda bisa mulai dengan menggunakan mesin cuci yang telah ada di rumah. Kalaupun ingin menambah mesin, kamu bisa mulai dengan membeli satu atau dua mesin cuci sambil berusaha terlebih dahulu mencari pelanggan.


Untuk mengembangkannya, kamu juga bisa membuka jasa lain selain mencuci pakaian. Anda juga bisa membuka jasa untuk membersihkan tas atau sepatu untuk menambah variasi bisnis laundry kiloan.


(Dwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini