Dr. dr. Hj. Titi Masrifahati MKM.,MARS Minta Layanan Screening Cek Kesehatan Digratiskan

17 Desember 2023, 12:17 WIB Last Updated 2024-01-30T09:11:31Z
Deskripsi Gambar
Deskripsi Gambar

SINYALBEKASI.COM
- Sekolah Lansia Cempaka menggelar acara bertema 'Bincang Sehat 1 Jam Bersama Dr. dr. Hj. Titi Masrifahati MKM.,MARS bertempat di Stikes Medistra Indonesia Jalan Cut Mutia Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Jum'at, (15/12/2023).


Dalam paparannya dr. Titi Masrifahati menyampaikan bahwa program kesehatan saat ini cenderung masih berorientasi kepada orang sakit. 


Menurutnya, dengan ditambahnya rumah sakit dan bed rumah sakit pemerintah maupun swasta ternyata masih saja rumah sakit penuh dengan pasien. "Artinya masyarakat masih banyak yang sakit, terutama kelompok rentan sakit adalah bayi balita, ibu hamil (bumil) pra lansia dan lansia," ujarnya.


"Perlu diimbangi dengan upaya menjadikan orang sehat untuk tidak sakit dan orang sakit bisa sembuh/ tidak bertambah berat. Yang tidak lain adalah memberikan edukasi tentang hidup sehat harus ditingkatkan untuk kelompok rentan dan keluarganya," katanya.


Lebih lanjut, Tokoh perempuan pemerhati kesehatan yang juga sebagai calon legislatif (caleg) PKS DPR RI nomor 5 dari daerah pemilihan 6 meliputi Kota Bekasi dan Kota Depok ini menambahkan tentunya bagi pralansia dan lansia perlu diberikan juga layanan medical check up sederhana untuk mendeteksi tensi serta gangguan metabolik secara dini secara gratis. 


"Selama ini masih swadaya, sehingga masih jarang orang yang melakukan cek up," ungkapnya.


Cek kesehatan untuk mendeteksi dini masih berbayar. "Mungkin dulu ide rumah sakit menjadi rumah sehat, bukan rumah sakit mengganti plangnya menjadi rumah sehat, tapi paradigmanya diubah supaya rumah sakit relatif tidak penuh terus agar rumah rumah yang dihuni orang sehat kita upayakan juga serius utamanya pada kelompok rentan bayi balita, remaja, bumil, buteki lansia," jelasnya.


Perlu rumah rumah sehat bagi keluarga Indonesia. Sehat manusianya, sehat lingkungan dan sehat juga pola hidupnya.


Ditempat yang sama Kepala Sekolah, Sekolah Lansia Cempaka, Sri Kustini mengatakan lebih dari 150 orang peserta yang hadir dalam bincang bincang sehat ini serta tergabung dalam Sekolah Lansia Cempaka, dan saat ini telah memasuki bulan ke 7. (Denis).
Komentar

Tampilkan

Terkini